DEWANI, ADINDA SEKAR (2023) PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI SUSUKAN 04 UNGARAN TIMUR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ADINDA SEKAR DEWANI 19110037.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ADINDA SEKAR DEWANI. NPM 19110037. “Peran Guru Dalam
Implementasi Pendidikan Inklusi di SD Negeri Susukan 04 Ungaran Timur”.
Skripsi. Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Dosen pembimbing I Eka Sari Setianingsih, S.Pd.,M.Pd. Dosen
pembimbing II MA Primaningrum Dian, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog.2023Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh adanya penyelenggaraan pendidikan inklusi di SD Negeri
Susukan 04 Ungaran Timur yang beberapa guru masih menyamaratakan anak ABK
dengan anak regular lainnya dengan menerapkan metode serta proses pembelajaran
yang sama. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
peran guru dalam mengimplementasikan pendidikan inklusi di sekolah dasar.Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Responden
dalam penelitian ini adalah guru kelas rendah yang ada di SD Negeri Susukan 04
sebanyak 3 orang guru kelas rendah, 1 kepala sekolah, 2 rekan kerja guru, dan 3
orang tua anak berkebutuhan khusus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian bahwa peran guru di SD Negeri
Susukan 04 cukup baik. Peran yang paling dominan pada guru di sekolah tersebut
ialah peran mendidik dan peran membimbing. Kesimpulan dari peran guru tersebut
ialah, peran guru di SD Negeri Susukan 04 berada pada kategori baik, ditunjukan
adanya keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar.
Kata kunci: Peran Guru,Implementasi Pendidikan Inklusi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 03:31 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 03:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/694 |