ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM BUKU SISWA TEMA 5 PAHLAWANKU KELAS IV SEKOLAH DASAR

AF’IDAH, NANDA KHILYATUL (2021) ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM BUKU SISWA TEMA 5 PAHLAWANKU KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NANDA KHILYATUL A._17120318.pdf] Text
NANDA KHILYATUL A._17120318.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

NANDA KHILYATUL AF’IDAH. NPM 17120318. “Analisis Nilai Karakter
Dalam Buku Siswa Tema 5 Pahlawanku Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2021. Pembimbing I Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum.
dan Pembimbing II Aries Tika Damayanti, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah karena rendahnya
nilai karakter yang dimiliki oleh siswa-siswa di sekolah dasar. Oleh karena itu,
buku siswa bisa dijadikan sebagai salah satu sarana untuk bisa menanamkan
nilai-nilai karakter pada anak supaya lebih baik. Di dalam buku siswa terdapat
teks bacaan atau gambar yang mencotohkan penerapan nilai karakter, maka
dengan itu siswa bisa meniru untuk bisa diterapkan dan diteladani.
Fokus penelitian ini adalah adanya penemuan nilai karakter dalam buku
siswa khususnya buku siswa tema 5 pahlawanku kelas IV sekolah dasar. Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai
karakter yang terdapat di dalam buku siswa tema 5 pahlawanku kelas IV. Melalui
penelitian ini, peneliti berharap dapat menyajikan hasil analisis dalam buku siswa
tema 5 pahlawanku kelas IV.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Digunakannya metode
kualitatif dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang mendalam,
suatu data yang diperoleh dari peristiwa yang terjadi dengan menggunakan
beberapa metode yang ada. Data penelitian ini diperoleh melalui proses
wawancara, dokumentasi, dan metode simak catat.
Hasil analisis 18 pembelajaran dalam Buku Siswa Tema 5 Pahlawanku
dapat diperoleh persentase sebagai berikut: religius 0%, jujur 4%, toleransi 0%,
disiplin 0%, kerja keras 11%, kreatif 4%, mandiri 4%, demokratis 4%, rasa
ingin tahu 2%, semangat kebangsaan 13%, cinta tanah air 11%, menghargai
prestasi 4%, bersahabat/komunikatif 2%, cinta damai 5%, gemar membaca 2%,
peduli lingkungan 13%, peduli sosial 15%, tanggung jawab 9%.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran dan rekomendasi yang dapat
disampaikan kepada pihak-pihak yang terkait adalah bahwa Buku Siswa Tema 5
Pahlawanku dapat digunakan sebagai media atau sarana penanaman nilai karakter
bagi siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 07:08
Last Modified: 25 Oct 2024 07:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6935

Actions (login required)

View Item
View Item