ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH

LABIBAH, NAILA (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Naila Labibah_16120397_Skripsi.pdf] Text
Naila Labibah_16120397_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

NAILA LABIBAH. NPM 16120397. “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan
Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Kelas V
Madrasah Ibtidaiyah”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa kelas V MIS Karangjompo pada pelajaran matematika terutama
dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pecahan. Hal ini
disebabkan karena siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal materi pecahan
terutama jika dalam soal tersebut terdapat bilangan pecahan dan bilangan decimal
sehingga siswa melakukan kesalahan-kesalahan saat mengerjakan soal cerita
materi pecahan.
Fokus penelitian ini adalah kesalahan siswa berdasarkan teori Newman,
menyelesaikan soal cerita, materi pecahan, siswa kelas V MIS Karangjompo
Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi kesalahan siswa
kelas V MIS Karangjompo Pekalongan dalam menyelesaikan soal cerita materi
pecahan berdasarkan teori Newman dan untuk mengidentifikasi penyebab
terjadinya kesalahan siswa kelas V MIS Karangjompo Pekalongan dalam
menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan berdasarkan teori Newman.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode
penelitian deskripsi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIS Karangjompo
Pekalongan yang berjumlah 15 siswa, dari 15 siswa yang mengikuti tes 6 siswa
terpilih dilakukan wawancara . Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes
tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan analisis data dilakukan dengan
Triangulasi teknik.
Hasil analisis menunjukan bahwa siswa mengalami kesalahan pada
masing-masing butir soal dengan berbagai jenis kesalahan yakni kesalahan
membaca sebanyak 1 kesalahan dengan persentase 1,67%, kesalahan memahami
masalah sebanyak 22 kesalahan dengan persentase 36,67%, kesalahan
transformasi masalah sebanyak 31 kesalahan dengan persentase 51,67%,
kesalahan keterampilan proses sebanyak 39 kesalahan dengan persentase 65%,
dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebanyak 51 kesalahan dengan persentase
85%. Terdapat beberapa penyebab terjadinya kesalahan yaitu kurangnya
pengetahuan simbol-simbol yang terdapat dalam soal matematika, tidak bisa
menentukan langkah-langkah penyelesaian, tidak memahami maksud soal, tidak
bisa melanjutkan perhitungan, tidak bisa mengubah soal ke bentuk matematika,
tidak memahami konsep pecahan dan tidak teliti dalam menyelesaikan soal serta
terburu-buru saat mengerjakan soal.
Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah sebaiknya guru
membiasakan siswa untuk berlatih mengerjakan soal cerita agar dapat melatih
siswa untuk menyusun model matematika yang sesuai dengan soal sehingga
mempermudah siswa untuk melakukan perhitungan matematis yang sesuai serta
siswa akan lebih terlatih dalam berpikir, perhitungan dan penggunaan konsep

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 07:02
Last Modified: 25 Oct 2024 07:02
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6933

Actions (login required)

View Item
View Item