PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DAN XII JURUSAN AKUNTANSI SMK YATPI GODONG TAHUN AJARAN 2020/2021

Astuti, Nadya Widi (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PEMANFAATAN WAKTU BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DAN XII JURUSAN AKUNTANSI SMK YATPI GODONG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NADYA WIDI ASTUTI_17220068.pdf] Text
NADYA WIDI ASTUTI_17220068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Nadya Widi Astuti, “Pengaruh Kemandirian Belajar, Pemanfaatan Waktu
Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI dan XII Jurusan
Akuntansi SMK YATPI Godong Tahun Ajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan
Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kemandirian belajar, pemanfaatan waktu belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil
belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI dan XI
jurusan Akuntansi SMK YATPI Godong yang berjumlah 130 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket dan dokumentasi. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemandirian belajar berpengaruh secara positif
dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan t-hitung 2,829 > t-tabel
1,985 dan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. (2) Pemanfaatan waktu belajar berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan t-hitung
5,516 > t-tabel 1,985 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Fasilitas belajar
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan
dengan t-hitung 3,326 > t-tabel 1,985 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. (4)
Kemandirian belajar, pemanfaatan waktu belajar dan fasilitas belajar secara bersama-
sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan
dengan F-hitung 22,627 > F-tabel 2,700 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Pemanfaatan Waktu Belajar, Fasilitas Belajar,
Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:50
Last Modified: 25 Oct 2024 06:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6928

Actions (login required)

View Item
View Item