LESTARI, TITIS ANGGRAENI (2021) PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
TITIS ANGGRAENI LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan karakter merupakan upaya untuk menciptakan karakter pribadi
yang berguna untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Pada hakikatnya
pendidikan di sekolah tidak hanya menghasilkan peserta didik yang pandai
dalam hal ilmu pengetahuan namun juga harus menciptakan generasi yang
berkarakter. Salah satu mata pelajaran wajib di sekolah adalah matematika
yang merupakan mata pelajaran yang dapat diintegrasikan terhadap
pendidikan karakter. Melalui pembelajaran matematika, dapat ditanamkan
pendidikan karakter pada peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah
dua guru dan dua siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pemalang, melalui observasi
dalam proses pembelajaran, tes wawancara untuk guru dan siswa serta
dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 3 kali
yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian
pemahaman guru terhadap pendidikan karakter dalam pembelajaran
matematika bahwa tugas guru tidak hanya mencerdaskan siswa namun juga
mendidik siswa supaya memiliki karakter yang baik. Guru bertanggung jawab
untuk menjadi teladan bagi siswa untuk bersikap baik. Dalam perencanaan
pembelajaran guru menyisipkan nilai-nilai karakter yang akan ditanamkan
kepada siswa. Saat proses pembelajaran berlangsung guru menerapkan nilai
pada pendidikan karakter.
Kata Kunci: Karakter, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:44 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6924 |