Rochman, Wahyu Noor (2021) PENGARUH STRATEGI MULTIPLE REPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA SMP. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Skripsi_Wahyu Noor Rochman.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh strategi multiple representasi pada pembelajaran Problem
Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bilangan
bulat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah
Jepara tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pemilihan sampel yang digunakan
adalah teknik purposive. Sebagai sampel diambil dua kelas yaitu kelas eksperimen
dengan strategi multiple representasi pada pembelajaran Problem Based Learning
dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada (1) kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas
eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol; (2) kemampuan berpikir
kreatif kelas eksperimen tuntas KKM dan kelas kontrol ada beberapa yang belum
tuntas KKM; (3) terdapat pengaruh antara kemampuan berpikir kreatif dengan
aktivitas belajar siswa yang mendapat strategi multiple representasi pada
pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Kata kunci: Strategi Multiple Representasi, Pembelajaran Problem Based
Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:41 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6923 |