Na-ifah, Nadiyatun (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, KOMPETENSI GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 GODONG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Nadiya N.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Nadiyatun Na-ifah “Pengaruh Motivasi Belajar, Kompetensi Guru, Fasilitas
Belajar, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Kelas X IPS SMA
Negeri 1 Godong”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mata
pelajaran ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 1 Godong. Tujuannya untuk
mengetahui apakah motivasi belajar, kompetensi guru, fasilitas belajar, Dan
lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi
kelas X IPS di SMAN 1 Godong. Metode deskriptif kuantitatif, filsafat
positivisme menjadi landasan penelitian ini. Fungsinya untuk meneliti populasi
ataupun sampel. Instrument penelitian merupakan cara pengumpulan data. Sifat
dari penelitian ini yaitu deduktif yang berarti untuk menjawab suatu rumusan
masalah dengan menggunakan teori atau konsep yang dapat dirumuskan
hipotesisnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan sumber
primer yang secara langsung diberikan kepada pengumpul data. Adapun teknik
sampel ini menggunakan sampel jenuh. Bantuan software SPSS versi 23 untuk
menganalisis data. Hasil penelitian yang dilakukan terkait motivasi belajar,
kompetensi guru, fasilitas belajar dan lingkungan sekolah berpengaruh signifikan
dan positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IPS dI SMA
Negeri 1 Godong.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Lingkungan
Sekolah, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:41 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6922 |