YUDHA, NADIN PRIMA (2021) EFEKTIFITAS METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V SD NEGERI 01 PURWOHARJO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Nadin Prima Yudha.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
NADIN PRIMA YUDHA. NPM. 17120012. “Efektifitas Metode Discovery
Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada
Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SD Negeri 01 Purwoharjo”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Pembelajaran Matematika di SD Negeri 01 Purwoharjo masih kurang
efektif. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang dilakukan guru, dimana
pada saat menyampaikan materi pelajaran guru cenderung menggunakan satu
strategi pembelajaran saja, seperti ceramah, mencatat, serta penugasan. Akibatnya
siswa cenderung pasif, kurang antusias serta kurang berminat terhadap materi
yang dipelajarinya. Guna mengurangi kesulitan pada pokok bahasan volume
kubus dan balok, diperlukan suatu metode pengajaran yang mampu meningkatkan
kemampuan siswa. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan
prestasi belajar matematika adalah dengan menggunakan metode discovery
learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode discovery
learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematika pada
Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SD Negeri 01 Purwoharjo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan
jenis quasi eksperimen karena dalam penelitian ini, siswa tidak diisolasi atau
dikarantina, sehingga masih ada pengaruh dari lingkungan. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 01 Purwoharjo tahun pelajaran
2020/2021. Sampel penelitian ini yaitu 40 siswa kelas V SD Negeri 01
Purwoharjo tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan data menggunakan
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitan diperoleh rata-rata pretest yaitu sebesar 67,00 sedangkan
hasil rata-rata posttest sebesar 77,25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis
data melalui perhitungan uji t diperoleh nilai thitung = 23,794 dan ttabel = 2,704.
Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan
metode discovery learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika
pokok bahasan Volume Kubus dan Balok pada siswa kelas V SD Negeri 01
Purwoharjo.
Kata kunci: Metode Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:39 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:39 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6921 |