FADHILAH, ZULFAISAH (2021) ANALISIS KESULITAN MENENTUKAN POKOK PIKIRAN DAN KALIMAT UTAMA PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN KELAS V SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ZULFAISAH FADHILAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
ZULFAISAH FADHILAH. NPM 17120187. “Analisis Kesulitan Menentukan
Pokok Pikiran dan Kalimat Utama Pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia
Subtema Organ Gerak Hewan Kelas V Semester Gasal Tahun Ajaran 2021”.
Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Mudzanatun, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M.Pd.
2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
pemahaman siswa memahami teks tulis terutama dalam menentukan pokok
pikiran dan kalimat utama. Hal tersebut terjadi karena siswa belum memahami
pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi menentukan pokok pikiran dan
kalimat utama yang disebabkan karena rendahnya motivasi belajar siswa dan
minat membaca.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa yang menyebabkan siswa
mengalami kesulitan dalam menentukan pokok pikiran dan kalimat utama dalam
teks paragraf pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia subtema Organ Gerak
Hewan mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Padangsari 01?
Adapun tujuan yang hendak dicapai yaitu mengetahui sejauh mana pemahaman
siswa mengenai teks paragraf dan faktor apa saja yang menyebabkan siswa
mengalami kesulitan dalam menentukan pokok pikiran dan kalimat utama dalam
teks paragraf pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia subtema Organ Gerak
Hewan mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Padangsari 01.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Padangsari 01. Prosedur
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara, angket, observasi,
dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian masih banyak ditemukan siswa yang
mengalami kesulitan menentukan pokok pikiran dan kalimat utama. Hal ini sesuai
dengan hasil tes yang diperoleh siswa kemudian dikuatkan dengan pernyataan
siswa pada saat wawancara. Selain itu, hasil wawancara guru bahwa siswa dalam
menentukan pokok pikiran ini masih dapat dikatakan kurang dikarenakan
rendahnya minat baca siswa sehingga siswa tidak dapat menemukan pokok
pikiran atau inti permasalahan bacaan tersebut.
Saran bagi guru hendaknya memberikan penguatan kepada siswa seperti
memberikan catatan materi sebagai pegangan siswa karena pada masa pandemi ini
banyak siswa yang tidak memiliki catatan serta menrangkul siswa yang kurang
aktif untuk terlibat dalam pembelajaran. Guru hendaknya mengingatkan siswa
untuk sering-sering membaca sehingga siswa dapat memahami bahasa tulisan
dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:38 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:38 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6920 |