ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA KUMPULAN TEKS CERAMAH KARYA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MURIANTI, ZUKHROTUNNISA DWI (2021) ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA KUMPULAN TEKS CERAMAH KARYA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ZUKHROTUNNISA DM 17410147.pdf] Text
ZUKHROTUNNISA DM 17410147.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman peserta didik SMA Negeri
2 Tegal dalam penggunaan ejaan bahasa Indonesia yang masih kurang,
sehingga merujuk pada kesalahan ejaan. Kesalahan tersebut hampir semua
aspek tata ejaan yang ada, di antaranya kesalahan penulisan huruf, penulisan
kata, dan penulisan serta penggunaan tanda baca. Kesalahan-kesalahan tersebut
sering ditemukan, salah atunya, pada hasil karya siswa. Dalam hal ini,
beberapa kesalahan ejaan telah ditemukan pada teks ceramah karya siswa kelas
XI SMA Negeri 2 Tegal.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana wujud kesalahan ejaan
pada teks ceramah karya siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran
2020/2021? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud
kesalahan ejaan pada teks ceramah karya siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tegal
Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang
menyajikan kata-kata bukan angka. Data pada penelitian ini berupa kesalahan
ejaan teks ceramah yang bersumber dari teks ceramah yang berjumlah 21 karya
siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 SMA Negeri 2 Tegal. Metode pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan metode simak dilanjutkan dengan teknik
catat. Selanjutnya, metode analisis data menggunakan metode agih, yang tidak
memerlukan alat bantu lain selain teks ceramah. Hasil analisis data disajikan
dengan menggunakan metode informal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan ejaan teks ceramah peserta
didik terbagi menjadi beberapa klasifikasi, antara lain kesalahan penulisan
huruf kapital, kesalahan penulisan huruf miring, kesalahan penulisan kata, dan
kesalahan penulisan tanda baca.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru hendaknya mengenalkan
dan mengajarkan jenis-jenis ejaan. Peserta didik lebih teliti dan membiasakan
diri untuk menggunakan ejaan yang benar ketika berkomunikasi dengan guru
melalui pesan teks.
Kata kunci: analisis, kesalahan ejaan, teks ceramah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:32
Last Modified: 25 Oct 2024 06:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6917

Actions (login required)

View Item
View Item