SASMITAPUTRI, NABILA PUSPADEWI (2021) ANALISIS HASIL BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE SISWA KELAS IVB SD NEGERI BATURSARI 5 KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NABILA PUSPADEWI SASMITAPUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Nabila Puspadewi Sasmitaputri. NPM 17120107. “Analisis Hasil Belajar
Selama Pembelajaran Online Siswa Kelas IVB SD Negeri Batursari 5 Kecamatan
Mranggen Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang.
Latar belakang Pendidikan merupakan pembelajaran masyarakat yang
diharapkan pada tantangan Total Quality Management (TQM) yang bertujuan
untuk memiliki relevansi sehingga memberi penekanan pada mutu pelajar ( siswa
). Oleh karenanya peran guru sangat penting untuk memaksimalkan proses
pembelajaran. Karena semua pelajar berbeda satu sama lainnya sehingga mereka
butuh model pembelajaran yang cocok dengan kebutuhan dan kecenderungan
mereka masing – masing. Institusi pendidikan yang menggunakan prosedur mutu
terpadu harus menangkap secara serius isu – isu tentang gaya dan kebutuhan
pembelajaran untuk menciptakan strategi individualisasi dan diferensiasi dalam
pembelajaran ( Sallis, 2012 : 86 ). Pendidikan diselenggarakan secara terstruktur
maupun tidak terstruktur. Arti secara terstruktur, pendidikan di Indonesia menjadi
tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
(Kemdikbud) artinya bahwa semua penduduk diharuskan mengikuti program
wajib belajar pendidikan dasar selama sembilan tahun, enam tahun di sekolah
dasar dan tiga tahun di sekolah menengah pertama. Saat ini, pendidikan di
Indonesia diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Pendidikan di Indonesia terbagi ke dalam tiga jalur utama,
yaitu formal, nonformal, dan informal.
Jenis penelitian kualitatif, Sugiyono ( 2016 : 225 ) menyatakan bahwa dalam
penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan secara natural setting ( kondisi
yang alamiah), sumber data primer, dan teknik pengumpulan data lebih banyak
pada kegiatan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dengan begitu
data yang diperoleh adalah data yang valid atau data yang tidak berubah antara
data yang dilaporkan oleh peneliti dengan data yang sesungguhnya terjadi pada
objek penelitian.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan pembelajaran scara online
tidak terlalu mempengaruhi hasil belajar akhir proses pembelajaran. Bahkan di
beberapa siswa kelas IVB SD Negeri Batursari 5 Kecamatan Mranggen Kabipaten
Demak mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan adanya peran orangtua yang
membantu menerjemahkan apa yang disampaikan guru kepada siswanya.
Kata Kunci : Analisis, Hasil Belajar Akhir, Pemblajaran Online, Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:29 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6915 |