STRATEGI MEMPERTAHANKAN USAHA BANDENG PRESTO PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN TAMBAKREJO SEMARANG

Muflikhatin, Ziyan (2021) STRATEGI MEMPERTAHANKAN USAHA BANDENG PRESTO PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN TAMBAKREJO SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Ziyan Muflikhatin_17220086.pdf] Text
Ziyan Muflikhatin_17220086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ziyan Muflikhatin “Strategi Mempertahankan Usaha Bandeng Presto pada
Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Tambakrejo Semarang”. Program Studi
Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang, 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi
penurunan permintaan, pendapatan, jumlah karyawan dan jumlah bahan baku
akibat dari adanya dampak pandemi Covid-19 pada usaha bandeng presto di
Kelurahan Tambakrejo Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan inovasi produk, pemasaran
online, peningkatan kualitas pelayanan konsumen, peningkatan kualitas sumber
daya manusia dalam mempertahankan usaha bandeng presto pada masa pandemi
Covid-19 di Kelurahan Tambakrejo Semarang. Pembahasan hasil penelitian
dilakukan dengan pedoman pada teori strategi dalam mempertahankan usaha
dimasa pandemi. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Uji
keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber data. Analisis data dilakukan
dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Objek penelitian terdiri dari 2 pemiliki usaha bandeng presto (Putri
Laut dan Bu Fatkhan), 3 karyawan dan 1 pemerintah setempat. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan
observasi.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi inovasi produk yang terdiri dari
aspek kualitas, gaya dan desain produk menunjukan pengaruh yang positif dalam
mempertahankan usaha bandeng presto dimasa pandemi. Sedangkan pada aspek
penambahan varian pada inovasi produk menunjukan pengaruh yang kurang positif
untuk mempertahankan usaha bandeng presto dimasa pandemi karena hanya
meningkatkan penjualan sebesar 20% saja dibandingkan dengan produk lainya.
Sedangkan semua aspek yang terdapat pada pemasaran online (produk, harga,
distribusi dan promosi), peningkatan kualitas layanan konsumen (Bukti langsung,
keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati), serta peningkatan kualitas SDM
(ketrampilan fisik, ketrampilan intelektual dan ketrampilan psikologis) yang
dijadikan sebagai upaya untuk mempertahankan usaha bandeng presto di Kelurahan
Tambakrejo Semarang pada masa pandemi menunjukan pengaruh yang positif dan
dapat mempertahankan usaha bandeng presto selama masa pandemi walaupun
tingkat penjualanya tidak meningkat secara signifikan dibandingkan dengan masa
sebelum pandemi.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan, Kualitas SDM, Pemasaran
Online, Strategi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:26
Last Modified: 25 Oct 2024 06:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6912

Actions (login required)

View Item
View Item