Nuryana, Myarisa (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN KOGNITIF IMPULSIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Myarisa Nuryana.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi
matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya
kognitif reflektif dan gaya kognitif impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif yang dilaksanakan di SMPN 2 Belitang Mulya tahun ajaran 2020/2021.
Subjek penelitian ini adalah siswa dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes gaya
kognitif dengan MFFT (Matching Familiar Figure Test) dan pedoman wawancara
yang disesuaikan dengan tahapan kemampuan komunikasi matematis yakni
menggambar, ekspresi matematika, menulis. Penelitan ini dimulai dengan
penentuan subjek gaya kognitif yaitu 2 subjek kognitif reflektif dan 2 subjek
kognitif impulsif pengambilan data penelitian melalui tes dan wawancara.
Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi
metode. Siswa dengan gaya kognitif reflektif mampu memenuhi seluruh indikator
kemampuan komunikasi matematis yaitu menggambar/drawing, ekspresi
matematika/mathematical expression, menulis/written text, sedangkan siswa
dengan gaya kognitif impulsife tidak memenuhi semua indikator kemampuan
komunikasi matematis dan hanya memenuhi indikator menggambar/drawing,
ekspresi matematika/mathematical expression, dan menulis/written text belum
terpenuhi.
Kata Kunci: Komunikasi, Kognitif Reflektif, Kognitif Impulsif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:21 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6909 |