PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY

Budiana, Mutiara (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Mutiara Budiana.pdf] Text
Mutiara Budiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN BANGUN RUANG
DENGAN PENDEKTAN KONTEKSTUAL DISEKOLAH DASAR
BERBASIS AUGMENTED REALITY
Mutiara Budiana1, Achmad Buchori2, Th. Indriati Wardani3
1,2,3Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas PGRI Semarang
[email protected], [email protected], [email protected]
Media pembelajaran merupakan terobosan baru pada dunia teknolgi yang mampu
menjadikan pemebelajaran di kelas semakin lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan serta
dapat membuat peningkatan pada motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengahasilkan Aplikasi berbasis Augmented Reality pada materi bangun ruang untuk siswa
SD kelas 1. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kelayakan Aplikasi yang
dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian dan pengembangan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu :
analisis (analysis), desain produk (design), pengembangan produk (development), uji coba produk
(implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrument yang digunakan berupa lembar uji
validitas, angket uji kepraktisan dan posttest. Lembar uji kevalidan bertujuan untuk
mengetahui tingkat kevalidan, angket uji kepraktisan bertujuan untuk mengetahui tingkat
kepraktisan dan posttest bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan. Hasil penelitian
menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan (1) aspek kevalidan memenuhi
kriteria valid dengan rata-rata persentase validator sebesar 93,66%, (2) aspek keefektifan
memenuhi kriteria efektif dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 94,64%, (3) aspek
kepraktisan memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata total angket respon siswa sebesar
85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:19
Last Modified: 25 Oct 2024 06:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6907

Actions (login required)

View Item
View Item