EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR

Inayah, Zam (2021) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Zam Inayah.pdf] Text
Zam Inayah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model
pembelajaran problem based learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL)
berbantu media Kahoot terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel
menggunakan cluster random sampling diperoleh tiga kelas yaitu X ELIN sebagai
kelas eksperimen 1, X RPL 2 sebagai kelas eksperimen 2 , dan X RPL 2 sebagai
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar siswa yang
mendapatkan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu kahoot
lebih baik dari kelas yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; (2)
hasil belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran project Based
Learning (PjBL) berbantu kahoot lebih baik dari kelas yang mendapatkan model
pembelajaran konvensional; (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang
mendapatkan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu
Kahoot, Project Based Learning (PjBL) berbantu kahoot dan kelas konvensional;
(4) hasil belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) berbantu kahoot dan Project Based Learning (PjBL) berbantu
kahoot mencapai ketuntasan secara individu maupun klasikal.
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PjBL),
Kahoot, dan Hasil Belaja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:13
Last Modified: 25 Oct 2024 06:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6902

Actions (login required)

View Item
View Item