ANALISIS IMPLEMENTASI LITERASI MEMBACA DI KELUARGA TERHADAP PRESTASI SISWA SD NEGERI KEBANGGAN

DEWI, MURTI SARI (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI LITERASI MEMBACA DI KELUARGA TERHADAP PRESTASI SISWA SD NEGERI KEBANGGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MURTI SARI DEWI.pdf] Text
MURTI SARI DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

MURTI SARI DEWI. NPM 16120219. “Analisis Implementasi Literasi
Membaca Di Keluarga Terhadap Prestasi Siswa SD Negeri Kebanggan”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah minat baca
masyarakat Indonesia masih rendah sehingga memberikan dampak terhadap
implementasi literasi membaca di keluarga, kemudian saat ini anak-anak lebih
suka menggunakan gadget dan media elektronik dibandingkan membaca, adapun
faktor yang mempengaruhi prestasi siswa terdapat faktor eksternal yaitu dari
lingkungan keluarga, sehingga peneliti ingin menganalisis implementasi literasi
membaca di keluarga terhadap prestasi siswa SD Negeri Kebanggan.
Fokus dalam penelitian ini adalah menganalisis implementasi literasi
membaca di keluarga terhadap prestasi siswa SD Negeri Kebanggan. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan
literasi membaca di keluarga terhadap prestasi siswa. Melalui penelitian ini,
peneliti berharap dapat menyajikan hasil analisis implementasi literasi membaca
di keluarga terhadap prestasi siswa SD Negeri Kebanggan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Digunakannya metode
kualitatif dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang mendalam,
suatu data yang diperoleh dari peristiwa yang terjadi dengan menggunakan
beberapa metode yang ada. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket
dan dokumen.
Berdasarkan hasil analisis implementasi literasi membaca di keluarga
terhadap prestasi siswa SD Negeri Kebanggan menunjukkan bahwa implementasi
literasi membaca di keluarga dapat menghasilkan kegiatan atau kebiasaan yang
baik saat di rumah sehingga berdampak baik pula terhadap kegiatan maupun
kebiasaan siswa di sekolah. Dalam penelitian ini terdapat 23 siswa yang memiliki
literasi membaca di keluarga dengan kategori tinggi sehingga di sekolah siswa
tersebut memiliki prestasi dengan kategori baik, kemudian terdapat 7 siswa yang
memiliki literasi membaca di keluarga dengan kategori sedang maka siswa
tersebut memiliki prestasi dengan kategori cukup di sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran dan rekomendasi yang dapat
disampaikan kepada pihak-pihak yang terkait adalah diharapkan orangtua selalu
melaksanakan kegiatan literasi membaca sehingga anak memiliki kemampuan
memahami, menggunakan, dan merefleksikan yang telah didapat dalam
kehidupan sehari-hari serta memiliki prestasi yang baik di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:00
Last Modified: 25 Oct 2024 06:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6895

Actions (login required)

View Item
View Item