URVEI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PEMBELAJARAN SECARA LANGSUNG TERHADAP EFEKTIVITAS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SD ALOIYSIUS KOTA SEMARANG

Kamsun, Yuma (2021) URVEI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PEMBELAJARAN SECARA LANGSUNG TERHADAP EFEKTIVITAS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SD ALOIYSIUS KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Yuma Kamsun 16230251.pdf] Text
Yuma Kamsun 16230251.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Yuma Kamsun“ Survei pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan pembelajaran
secara langsung terhadap efektifitas mata pelajaran pendidikan jasmani
kesehatan dan rekreasi SD Aloiysius Kota Semarang” Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas
PGRI Semarang, 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa SD Aloiysius Kota
Semarang telah merasakan pembelajaran baik secara jarak jauh maupun
secara langsung. Selain itu belum pernah dilaksanakan penelitian serupa
di SD Aloiysius Kota Semarang. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan pembelajaran
secara langsung terhadap efektifitas mata pelajaran pendidikan jasmani
kesehatan dan rekreasi SD Aloiysius Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 dan 6 di SD
Aloiysius Kota Semarang, sudah merasakan pembelajaran secara online
dan secara langsung, aktif dalam pembelajaran, sudah paham dengan
pengisian angket dan sudah pernah menggunakan google from. Siswa
yang memenuhi syarat berjumlah 43 untuk dijadikan sampel. Pengujian
hipotesis menggunakan uji skala likers.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perhitungan uji skala
likert untuk kuesioner pembelajaran jarak jauh menunjukan hasil paling
banyak yaitu poin biasa saja dengan presentase 67.44%, sedangkan
hasil uji skala likert untuk kuesioner pembelajaran secara langsung
menunjukan hasil paling banyak yaitu poin setuju dengan presentase
62.79%. dari hasil perhitungan tersebut bisa disimpulkan bahwa proses
pembelajaran pendidikan jasmani di SD Aloiysius siswa lebih memilih
pembelajaran secara langsung. Hal ini dikarenakan pembelajaran secara
langsung lebih efektif dan efisien dikarenakan mampu mengembangkan
diri dalam proses pembelajaranya. Hal tersebut pantas karena
pendidikan jasmani merupakan pendidikan praktek yang harus
dilakukan untuk mengolah fisik.
Saran peneliti dalam pembelajaran jarak jauh diharapkan
memberikan bantuan terhadap siswa yang kurang mampu agar tidak
terkendala dengan proses pembelajaran di sekolah. Sedangkan untuk
pembelajaran secara langsung diharapkan bisa mendukung proses
pembelajran siswa agar mereka bisa mengembangkan diri menjadi lebih
baik lagi.
Kata kunci : Pembelajaran secara langsung, pembelajaran jarak jauh,
efektivitas, pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi..

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 05:28
Last Modified: 25 Oct 2024 05:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6877

Actions (login required)

View Item
View Item