RACHMAN, MUHAMMAD RIZAL (2021) KARAKTER RELIGIUS MELALUI PENDIDIKAN SENI DALAM EKSTRAKURIKULER REBANA SDN BATU 1. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MUHAMMAD RIZAL RACHMAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
MUHAMMAD RIZAL RACHMAN. NPM 16120461. “Karakter Religius
melalui Pendidikan Seni dalam Ekstrakurikuler Rebana SDN Batu 1”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing II Husni Wakhyudin, S.Pd., M.Pd. Desember 2020
Konteks penelitian ini adalah banyaknya peserta didik yang mengalami
penurunan karakter. Banyak peserta didik yang berbicara tidak sopan, tidak taat
kepada Tuhan dan tidak hormat kepada orang tua. Kegiatan ekstrakurikuler rebana
menjadi salah satu alternative untuk mengubah karakter peserta didik baik di
sekolah maupun di rumah. Ekstrakurikuler rebana mengandung unsur seni yang
tinggi dan nilai-nilai keagamaan. Selain itu, di dalam ekstrakurikuler rebana juga
terdapat
kegiatan-kegiatan
yang
bernuansa
Islami.
Sehingga
melalui
ekstrakurikuler rebana ini dapat membentuk karakter religius peserta didik. Fokus
penelitian ini adalah pembentukan karakter religius melalui pendidikan seni dalam
ekstrakurikuler rebana SDN Batu 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis pembentukan karakter religius melalui pendidikan seni dalam
ekstrakurikuler rebana SDN Batu 1.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan beberapa metode untuk
mengumpulkan data antara lain: wawancara, observasi, angket dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan karakter religius
melalui pendidikan seni dalam ekstrakurikuler rebana SDN Batu 1 dapat
dilakukan melalui pendidikan seni yang bersifat keterampilan yaitu meliputi:
Keterampilan vokal/menyanyikan lagu sholawat (seni vokal/suara). Proses
pembentukan karakter religius pada keterampilan vokal dimulai dari peserta didik
memahami isi yang terkandung pada syair lagu sholawat. Isi lagu sholawat dapat
digunakan sebagai perantara untuk membentuk karakter religius peserta didik.
Kemudian, Keterampilan memainkan alat musik rebana (seni menabuh rebana).
Proses pembentukan karakter religius pada keterampilan memainkan alat musik
rebana dimulai dari peserta didik mengembangkan kemampuannya dalam
menabuh alat musik rebana agar selaras dengan lagu sholawat yang dibawakan
sehingga dapat menciptakan suasana agamis dan dapat membentuk karakter
religius peserta didik. Sedangkan yang terakhir adalah Keterampilan menari
sederhana (seni tari). Proses pembentukan karakter religius pada keterampilan
menari sederhana dapat lihat dari gerakan tari yang ada didalam ekstrakurikuler
rebana. Gerakan tari tersebut akan membentuk karakter religius peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 05:23 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 05:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6874 |