KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SONG MELALUI DARING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 01 TLOGOREJO

ROHMAH, YULIA AINUR (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SONG MELALUI DARING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 01 TLOGOREJO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YULIA AINUR ROHMAH.pdf] Text
YULIA AINUR ROHMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

YULIA AINUR ROHMAH. NPM 16120251. “Keefektifan Model
Pembelajaran Concept Song Melalui Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
di SD Negeri 01 Tlogorejo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing
I M. Yusuf Setia Wardana S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Ari Widyaningrum,
S.Pd., M.Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya nilai
harian pada pelajaran tema 1 yaitu “Organ Gerak Hewan dan Manusia” Subtema 1
“Organ Gerak Hewan”, dari keseluruhan jumlah peserta didik kelas VA yaitu 20
peserta didik hampir setengah dari jumlah mendapatkan nilai dibawah KKM yaitu
75. Hal tersebut disebabkan karena peserta didik masih merasa kesulitan dalam
pemahaman materi pada tema 1 subtema 1, selain itu pada proses pembelajaran
guru belum menggunakan model pembelajaran didalam pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran
Concept Song melalui daring efektif terhadap hasil belajar tema 1 subtema 1 pada
peserta didik kelas VA SDN 01 Tlogorejo ? Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keefektifan model
pembelajaran Concept Song melalui daring terhadap hasil belajar peserta didik di
SD Negeri 01 Tlogorejo.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan
rancangan penelitian yaitu Pre Experimental Design bentuk one group pretest-
posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VA SDN 01
Tlogorejo tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah 20 peserta
didik kelas VA yang menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data dalam penelitian
ini diperoleh melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes. Berdasarkan hasil
analisis data, diketahui bahwa rata-rata nilai hasil posttest lebih tinggi dari pada
rata-rata nilai pretest (82,6>70,5). Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 1,230971
dan ttabel = 2,086 pada taraf signifikansi 5%. Karena thitung > ttabel, yaitu 1,230971 >
2,086 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran Concept Song melalui daring efektif terhadap hasil
belajar tema 1 subtema 1 pada peserta didik kelas VA SDN 01 Tlogorejo.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran Concept Song dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 05:19
Last Modified: 25 Oct 2024 05:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6871

Actions (login required)

View Item
View Item