CAHYANINGRUM, YULI (2021) NILAI-NILAI KARAKTER PADA SERIAL KARTUN “UPIN DAN IPIN” RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
yuli cahyaningrum.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
YULI CAHYANINGRUM. NPM 17120251. “Nilai-Nilai Karakter Pada Serial
Kartun Upin dan Ipin Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Intan Rahmawati, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing II Drs. Kiswoyo, M.M. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah semakin merosotnya
karakter yang dimiliki oleh anak-anak bangsa sekarang. langkah-langkah alternatif
untuk mengatasi kemrosotan karakter yaitu dengan menggunakan media film.
Tayangan televisi adalah salah satu aspek yang mempengaruhi pendidikan
karakter. Salah satu animasi film yang dijadikan objek adalah serial film kartun
Upin dan Ipin.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan
karakter yang terkandung dalam serial kartun Upin dan Ipin serta relevansinya
dengan pendidikan karakter. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui
nilai-nilai pendidikan karakter dalam serial kartun Upin dan Ipin serta relevansinya
dengan pendidikan karakter .
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif.
Sumber data peneltian berasal dari serial film kartun Upin dan Ipin. Data yang
digunakan dalam penelitian adalah gambaran adegan dan tindakan yang
menggambarkan nilai-nilai pendidikan karakter pada serial kartun Upin dan Ipin.
Data tersebut diperoleh melalui observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi,
dan studi pustaka. Observasi/pengamatan dilakukan dengan mengamati secara
lebih mendalam seluruh gambaran adegan dan tindakan yang dilakukan para tokoh
serial film kartun Upin dan Ipin. Kegiatan wawancara dilakukan pada lima
narasumber, yaitu tiga siswa sekolah dasar kelas II, guru sekolah dasar, dam
praktisi pendidikan/dosen. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan semua
berkas yang berhubungan dengan nilai karakter pada serial film kartun Upin dan
Ipin. Studi pustaka diperoleh dengan cara mengumpulkan data dari berbagai
sumber pustaka diantaranya untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter,
peneliti mengumpulkan data dari beberapa buku pendidikan karakter.
Hasil penelitian adalah serial film kartun Upin dan Ipin mengandung tujuh
nilai karakter, yaitu cinta tanah air, kerja keras, peduli sesama, kreatif, jujur,
toleransi, tanggung jawab. Ketujuh nilai karakter tersebut relevansinya dalam serial
film kartun Upin dan Ipin yaitu cinta tanah air dalam episode Sahabat Pena, kerja
keras dalam episode Cari dan Simpan, peduli sesama dalam episode Indahnya
Syawal, kreatif dalam episode Pokok Seribu Guna, jujur dalam episode Cuai cuai
cuai, toleransi dalam episode Rindu Opah, tanggung jawab dalam episode Cuai cuai
cuai, religius pada episode Indahnya Syawal.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat disampaikan adalah
agar serial film kartun Upin dan Ipin dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk
mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 05:17 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 05:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6870 |