DEWI, YESICA OKTAVIANA KUSUMA (2021) EFEKTIVITAS MEDIA POP UP BOOK BERBANTU MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI 02 BANGLARANGAN KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Yesica Oktaviana K.D.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
YESICA OKTAVIANA KUSUMA DEWI. NPM 17120098. “Efektivitas Media
Pop-Up Book Berbantu Model Snowball Throwing Terhadap Motivasi dan Hasil
Belajar Siswa Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kelas
IV SD Negeri 02 Banglarangan Kabupaten Pemalang”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya motivasi
belajar dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran
yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan dan motivasi siswa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah media Pop-Up Book
berbantu model Snowball Throwing efektif terhadap motivasi dan hasil belajar
siswa subtema Suku Bangsa dan Agama di Negeriku? Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media Pop-Up
Book berbantu model Snowball Throwing efektif terhadap motivasi dan hasil
belajar siswa subtema Suku Bangsa dan Agama di Negeriku kelas IV SD Negeri
02 Banglarangan Kabupaten Pemalang dilihat pada ketuntasan belajar, motivasi
dan hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre
Eksperimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 02 Banglarangan
Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah
seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui tes, observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Nilai angket motivasi belajar siswa
mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas untuk
pertemuan 1 (pretest ) sebesar 65,38 dengan persentase kategori Cukup 25%,
kategori Baik 35% dan kategori Sangat Baik 40%. Dan pertemuan 2 (posttest)
sebesar 82,13 dengan persentase kategori Baik 5% dan kategori Sangat Baik 95%.
Jadi nilai posttest siswa telah mencapai ketuntasan minimal individu sebagai hasil
dari penggunaan Pop-Up Book berbantu model Snowball Throwing. Dan pada
angket respon siswa terhadap media Pop-Up Book berbantu model Snowball
Throwing mendapatkan respon positif dari siswa sebesar 81,5% sedangkan 18,5%
siswa lainnya menjawab “Tidak. (2) Nilai hasil belajar siswa mengalami
peningkatan, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas untuk pretest sebesar 60
dan posttest sebesar 78,9. Jadi nilai posttest siswa telah mencapai ketuntasan
minimal individu sebagai hasil dari penggunaan Pop-Up Book berbantu model
Snowball Throwing.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya terhadap media Pop-Up Book berbantu model Snowball Throwing dapat
digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 04:31 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 04:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6853 |