ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN TAHAPAN KRULIK DAN RUDNICK DITINJAU DARI REPRESENTASI VERBAL

Apriska, Yesi (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN TAHAPAN KRULIK DAN RUDNICK DITINJAU DARI REPRESENTASI VERBAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YESI APRISKA.pdf] Text
YESI APRISKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah perlu ditingkatkan karena sangat penting dalam
pembelajaran matematika, salah satu yang dapat mempengaruhi kemampuan
pemecahan masalah merupakan kemampuan representasi. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
SMP dengan tahapan Krulik dan Rudnick pada materi aritmetika sosial ditinjau
dari representasi verbal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VII I SMP Negeri 1 Ampelgading tahun ajaran
2020/2021 yang berjumlah 4 siswa dengan rincian 2 siswa dengan kemampuan
representasi verbal baik dan 2 siswa dengan representasi verbal sedang.
Pengumpulan data dilakukan dengan tes representasi verbal, tes pemecahan
masalah, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahapan
yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi Teknik dilakukan dengan cara data yang diperoleh dari
hasil tes kemampuan pemecahan masalah dibandingkan dengan hasil wawancara.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Siswa dengan kemampuan
representasi verbal baik mampu melaksanakan semua tahapan pemecahan
masalah Krulik dan Rudnick dengan baik dan benar, dan (2) Siswa dengan
kemampuan representasi verbal sedang hanya mampu melaksanakan sebagian
tahapan pemecahan masalah Krulik dan Rudnick. Berdasarkan hasil analisis dapat
diketahui bahwa subjek dengan kemampuan representasi verbal baik memiliki
kemampuan pemecahan masalah lebih baik daripada subjek dengan kemampuan
representasi verbal sedang.
Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematika, Tahap Krulick dan
Rudnick, Representasi verbal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 04:23
Last Modified: 25 Oct 2024 04:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6852

Actions (login required)

View Item
View Item