EVANANDA, YAYUK YULIA (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
YAYUK YULIA EVANANDA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Yayuk Yulia Evananda “Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
dalam Penanaman Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Mranggen Kabupaten Demak”, Program studi Pendidikan Pancasila
dan
Kewarganegaraan
Fakultas
Pendidikan
Ilmu
Pengetahuan
Sosial
dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya partisipasi peserta didik dalam
penanaman pendidikan karakter religius yang diterapkan oleh pihak sekolah, selama
pembelajaran daring ini guru selalu memberikan motivasi serta dorongan agar peseta
didik selalu menanamkan pendidikan karakter religius dan mengingat adanya Allah
SWT tetapi masih ada beberapa peserta didik yang masih acuh tak acuh terhadap
penanaman pendidikan karakter religius tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam
Penananaman Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik di sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Mranggen kabupaten Demak.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Fokus
penelitian mengenai Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam
Penanaman Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Mranggen Kabupaten Demak, untuk indikator penelitian 1) Peran
Guru Dalam Memberikan Dorongan Siswa Pada Penanaman Pendidikan Karakter
Religius yang diterapkan melalui membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran, 2)
Peran Guru Sebagai Pendukung Dalam Ketersediaan Fasilitas Peserta Didik Pada
Penanaman Pendidikan Karakter Religius yaitu melakukan solat dzuhur berjamaah di
mushola sekolah ketika pembelajaran luring, 3) Peran Guru Dalam Mengarahkan
Peserta Didik Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Religius di Sekolah dengan
bukti guru selalu mengajak siswa agar membaca Asmaul Husna serta Al-Qur’an agar
peserta didik memiliki keimanan dan ketaqwaan. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan uji keabsahan data Trianggulasi Teknik, yaitu
membandingkan data dari observasi, wawancara, serta dokumen-dokumen yang
didapatkan di lapangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Data
Collection, Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing/Veritification.
Kesimpulan penelitian ini, Pendidikan karakter religius sangat penting bagi
peserta didik karena peserta didik dapat memiliki karakter dan norma yang baik
dikehidupan sosial di sekolah, keluarga serta masyarakat sehingga kehidupan dapat
berjalan dengan baik.
Kata kunci: Peran Guru PPKn, Pendidikan Karakter Religius.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 04:20 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 04:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6851 |