PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL GAMELAN JAWA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

ARIF, MUHAMMAD FAIZAL (2021) PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL GAMELAN JAWA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUHAMMAD FAIZAL ARIF.pdf] Text
MUHAMMAD FAIZAL ARIF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Alat musik daerah adalah warisan kekayaan dari kebudayaan yang menyebar di
seluruh wilayah Indonesia, wajib untuk dijaga serta dilestarikan oleh generasi
muda. Kurangnya penggunaan teknologi untuk melestarikan alat musik daerah
berakibat pada kurang diketahui informasi mengenai musik daerah oleh generasi
muda. Hal ini akan berakibat buruk jika generasi muda mulai meninggalkan
kebudayaan serta informasi mengenai alat musik tradisional daerah, karena akan
berpotensi negara lain untuk mencuri kebudayaan Indonesia. Upaya dalam
menangani masalah tersebuat adalah dengan pemanfaatan teknologi augmented
reality sebagai media pembelajaran pada alat musik tradisional daerah jawa.
Penggunaan teknologi augmented reality bertujuan untuk memberikan media
pembelajaran yang lebih interaktif sehingga membuat nyaman untuk penggunanya
agar tidak cepat bosan. Pembuatan aplikasi ini menggunakan bantuan software
Unity dan Vuforia Sdk yang dapat dijalankan pada platform android. Hasil dari
pembuatan aplikasi yaitu aplikasi pengenalan alat musik tradisional gamelan jawa
menggunakan AR berbasis android mempunyai 19 objek 3D gamelan jawa dan
didalam terdapat quiz soal yang menggunakan algoritma LCM berfungsi untuk
teknik pengacakan soal, mampu maksimal di jalankan pada perangkat android 11,
RAM 6,00 GB, Processor Mediatek Dimensity 700 5G, aplikasi juga mampu di
jalankan pada minimal OS Android Jelly Bean, hasil pengujian black box oleh 3
dosen Informatika menunjukan jika aplikasi berjalan dengan baik dan
mendapatkan presentase 100% sukses, hasil dari pengujian User Acceptance Test
(UAT) oleh 5 guru SDN 1 Muncang dan siswa yaitu pada bagian penilaian guru
aspek desain sebesar 94,40%, aspek informasi sebesar 94%, dan aspek materi
97,33%, hasil yang didapatkan pada penilaian siswa pada aspek desain sebesar
98,40%, aspek informasi 96%, dan aspek materi sebesar 99,33%, hasil pengujian
white box menunjukan jumlah Complexity Cyclometic adalah 3 path yang artinya
termasuk ke dalam algoritma yang memenuhi kriteria rekayasa perangkat lunak.
Kata Kunci: Augmented Reality, Unity, Vuforia sdk, Gamelan Jawa, Metode
Linear Congruent Method (LCM).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 04:07
Last Modified: 25 Oct 2024 04:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6842

Actions (login required)

View Item
View Item