MEIYUSI, ADE KUMBIASTRI (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA PASCA PANDEMI DI SMA NEGERI 3 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ADE KUMBIASTRI MEIYUSI 19110072.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ADE KUMBIASTRI MEIYUSI. 19110072. “Peran Guru Bimbingan
dan Konseling Dalam Membentuk Kedisiplinan Pasca Pandemi di SMA Negeri
3 Pati”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I Siti Fitriana, S.Pd.
M.Pd. Kons . Dosen Pemimbing II Farikha Wahyu Lestari, S.Pd. M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang
memunculkan berbagai permasalahan khususnya kedisiplinan yanga ada di
sekolah yang mengalami penurunan dan berakibat pula pada kedisiplinan siswa
setelah adanya pandemi dan diberlakukan sekolah jarak jauh. Permasalahan yang
diungkap dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru
bimbingan dan konseling dalam membentuk kedisiplinan siswa setelah adanya
pandemi di SMA Negeri 3 Pati. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam
membentuk kedisiplinan siswa pasca pandemi. Apakah peran guru bimbingan dan
konseling tersebut muncul dalam pembentukan kedisiplinan siswa pasca pandemi
atau bahkan tidak muncul peran guru bimbingan dan konseling tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Responden
dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 3 Pati
sebanyak 3 guru dan 3 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa peran guru
bimbingan dan konseling dengan guru bimbingan dan konseling lainnya berbeda-
beda, secara keseluruhan peran guru bimbingan dan konseling yaitu motivator,
director, inisiator, fasilitator, mediator, dan evaluator. Subjek yang mampu
memberikan perannya sebagai guru bimbingan dan konseling dengan baik akan
mampu menunjukan perilaku yang positif dalam proses pembentukan kedisiplinan
sedangkan subjek yang belum mampu memberikan perannya sebagai bimbingan
dan konseling menunjukan perilaku dalam proses pembentukan kedisiplinan siswa
yang negatif.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru bimbingan dan
konseling maupun siswa lebih sering melakukan komunikasi agar terjalin
kedekatan sehingga mampu membentuk kedisiplinan siswa di sekolah.
Kata Kunci: Kedisiplinan, Pasca Pandemi, Peran Guru BK
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 02:59 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 02:59 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/684 |