Afif, Muhammad Asyhar (2021) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERBASIS KEPEDULIAN LINGKUNGAN SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE UNTUK TINGKAT SMP DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Muhammad Asyhar Afif.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Muhammad Asyhar Afif, 2020. “Penggunaan Media Gambar Berbasis
Kepedulian Lingkungan Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi
Dengan Menggunakan Metode Think Talk Write Untuk Tingkat SMP Di
Kota Semarang”. Tesis. Pembimbing I Prof. Dr. Suwandi, M.Pd. Pembimbing 2
Dr.Asropah, M.Pd. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Program Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang.
Pembelajaran teks deskripsi merupakan pembelajaran yang digemari
anak-anak, namun dalam pembelajaran di kelas pembelajaran teks deskripsi
menjadi hal yang tidak menyenangkan karena selama ini guru dalam mengajarkan
teks deskripsi bahan ajar yang digunakan masih menggunakan buku ajar lama.
Hal ini, membuat siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan keberadaan Penggunaan Media
Gambar Berbasis Kepedulian Lingkungan Sebagai Pengembangan Bahan Ajar
Teks Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Think Talk Write Untuk Tingkat
SMP Di Kota Semarang, 2) Mendeskripsikan prototype Penggunaan Media
Gambar Berbasis Kepedulian Lingkungan Sebagai Pengembangan Bahan Ajar
Teks Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Think Talk Write Smp Di Kota
Semarang.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and
Development (R&D) mengadopsi dari Sugiyono yang meliputi langkah-langkah
sebagai berikut : 1) Studi Pendahuluan, yakni studi literatur dan studi lapangan,
2). Studi Pengembangan, meliputi: (1) desain produk awal, (2) koreksi desain dari
para pakar, (3) revisi desain, (4) uji coba terbatas, (5) Focus Grup Diskusi (FGD),
dan (6) revisi produk.
Hasil penilaian validasi pakar/ahli menunjukkan presentase keseluruhan
yang didapat adalah 84,4% atau jika dikonversikan ke dalam kriteria atau
kategori mendapat predikat layak diujicobakan. Setelah divalidasi, media
pembelajaran diujicobakan di sekolah yang diteliti dan mendapatkan penilaian
guru kelas IV di dua sekolah tersebut, didapatkan hasil yaitu kelayakan penyajian
media pembelajaran bagi guru mendapat nilai 94%, sedangkan hasil respon siswa
mendapat nilai 95,7%, jika dikonversikan kedalam kriteria atau kategori mendapat
predikat layak.
Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang
dikembangkan
dikategorikan
layak
untuk
digunakan
dalam
kegiatan
pembelajaran. Penggunaan Media Gambar Berbasis Kepedulian Lingkungan
Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Dengan Menggunakan
Metode Think Talk Write dapat memberikan suasana baru yang menyenangkan
bagi siswa sehingga siswa termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Media, Gambar, Kepedulian Lingkungan, Think Talk
Write
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 04:00 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 04:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6837 |