KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA

Ariyanti, Windy (2021) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Windy Ariyanti.pdf] Text
Windy Ariyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa
bedasarkan gaya kognitif field dependent dan field independent pada materi spldv.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif . Subjek penelitian ini adalah
dua siswa kelas 8D SMP N 14 Semarang tahun ajaran 2020/2021. Penentuan
subjek dilakukan dengan GEFT (Group Embedded Figures Test). Teknik
pengumpulan data dalam penelitin ini menggunakan data tertulis pada tes
pemecahan masalah dan wawancara. Tes pemecahan masalah disesuaikan dengan
tahapan pemecahan masalah Polya yaitu memahami masalah, merencanakan
penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan gaya
kognitif field independent memenuhi semua tahapan pemecahan masalah Polya
(memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana
penyelesaian,dan memeriksa kembali), sedangkan siswa dengan gaya kognitif
field dependent hanya dapat memenuhi tiga dari empat tahapan yaitu memahami
masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian.
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, langkah-langkah Polya, gaya
kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 03:55
Last Modified: 25 Oct 2024 03:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6833

Actions (login required)

View Item
View Item