YUNIAR, WINDY ANINDYA (2021) ANALISIS TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP POLA BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI MUARAEJA 01 KOTA TEGAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WINDY ANINDYA YUNIAR.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
WINDY ANINDYA YUNIAR. NPM 17120184. “Analisis Tingkat Pendidikan
Orang Tua Terhadap Pola Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Muarareja 01 Kota
Tegal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan
Universitas
PGRI
Semarang.Universitas
PGRI
Semarang.
Pembimbing I Dwi Prasetyawati Dyah H, M.Pd., Pembimbing II Singgih Adhi
Prasetyo, S.Sn., M.Pd. 2021.
Latar
belakang
yang
mendorong
penulisan
ini
adalah
untuk
mendeskripsikan serta menganalisis keterkaitan tingkat pendidikan orang tua
terhadap pola belajar siswa kelas V SD Negeri Muarareja 01 Kota Tegal.
Jenis penulisan ini adalah penulisan kualitatif dengan metode deskriptif.
Populasi penulisan adalah guru kelas V, siswa kelas V, dan orang tua siswa kelas
V SD Negeri Muarareja 01 Kota Tegal tahun ajaran 2020/2021. Anggota sampel
dalam penulisan ini ada 21 responden dari 22 jumlah siswa kelas V. Metode
pengumpulan data dalam penulisan ini diperoleh melalui wawancara, angket atau
kuesioner, serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis dari angket, wawancara guru dan wawancara
orang tua siswa telah menunjukkan bahwa adanya perbedaan pola belajar yang
diberikan oleh orang tua dengan masing-masing tingkat pendidikan. Orang tua
dengan tingkat pendidikan SD belum menerapkan pola belajar pada anak.
Sedangkan pada orang tua tingkat pendidikan SMP sudah dapat meluangkan
waktu untuk mendampingi anak dalam melakukan pola belajar walaupun dengan
keterbatasan pengetahuan materi. Orang tua dengan tingkat pendidikan SMA
sudah dapat membuatkan jadwal pola belajar, mendampingi anak melakukan pola
belajar, serta menerapkan pola belajar secara teratur. Orang tua dengan tingkat
pendidikan Perguruan Tinggi sudah mampu menerapkan, mendampingi,
membuatkan jadwal, serta mampu untuk menengani masalah-masalah yang ada
pada saat anak tidak mau melakukan pola belajar.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan
orang tua mempunyai kaitan dan dapat mempengaruhi kedisiplinan pola belajar
anak. Seorang dapat melakukan pola belajar secara disiplin dan teratur berkat
arahan dan kebiasaan orang tua dalam menerapkan pola belajar. Jika orang tua
dengan latar tingkat pendidikan rendah maka proses pendampingan pola belajar
tidak dapat berjalan dikarenakan penguasaan materi yang kurang serta
ketidakperhatian orang tua akan pentingnya melakukan pola belajar secara
disiplin.
Kata kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pola Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 03:49 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 03:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6832 |