EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DAN THINK-TALK-WRITE BERBANTUAN MIND MAP DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

UTAMI, WIESKE (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DAN THINK-TALK-WRITE BERBANTUAN MIND MAP DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of WIESKE UTAMI.pdf] Text
WIESKE UTAMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran matematika
baik ketika guru sedang menjelaskan materi, diskusi dalam tugas kelompok
bahkan hubungan kerjasama antar siswa yang terkesan masih kurang terjalin
dengan baik, perilaku-perilaku yang demikian berpengaruh kepada prestasi belajar
siswa di kelas yang menjadi kurang maksimal, selain itu juga dapat berpengaruh
kepada perasaan efektivitas diri (sense of self-efficacy) siswa.
Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan
efektivitas model pembelajaran Think-Pair-Share, model pembelajaran Think-
Talk-Write berbantuan Mind Map, dan model pembelajaran konvensional ditinjau
dari self-efficacy siswa pada pembelajaran matematika pada pokok bahasan
bangun datar segi empat.
Untuk melihat tercapainya tujuan penelitian ini maka dilakukan penelitian
di SMP Kesatrian 2 Semarang mulai dari tanggal 17 Mei 2017 sampai dengan 3
Juni 2017. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik SMP Kesatrian 2
Semarang. Karena keterbatasan waktu dan tenaga peneliti menggunakan teknik
sampling cluster random sampling, sampel yang diambil secara acak melalui
undian adalah 4 kelas yaitu, kelas VII C adalah kelas eksperimen I dengan model
pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Mind Map, kelas VII B adalah
kelas eksperimen II dengan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW)
berbantuan Mind Map, kelas VII D adalah kelas kontrol dengan model
pembelajaran konvensional dan yang terakhir kelas VII A adalah kelas uji coba
instrumen dengan jumlah siswa masing-masing 35 orang.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas eksperimen lebih dari
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), dengan nilai KKM 75 dan rata-rata kelas
78,62. Dengan nilai rata-rata kelas tersebut juga membuktikan bahwa rata-rata
kelas eksperimen lebih baik dari kelas control dimana rata-rata kelas kontrol
67,17, maka disimpulkan kedua model pembelajaran berbantuan Mind Map lebih
baik dari model pembelajaran konvensional.
Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini adalah penggunaan model
pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Mind Map, dan model
pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) berbantuan Mind Map efektif ditinjau dari
Self-Efficacy siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar segi empat
kelas VII SMP.
Kata kunci : efektifitas, Think-Pair-Share (TPS), Think-Talk-Write (TTW),
Mind Map, Self-Efficacy, hasil belajar, bangun datar segi empat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 03:37
Last Modified: 25 Oct 2024 03:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6823

Actions (login required)

View Item
View Item