MANSUR, MUHAMAD (2021) ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA SDN NGADIKERSO II KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MUHAMAD MANSUR.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
MUHAMAD MANSUR.NPM 13120598. “Analisis Kesulitan Pembelajaran
Jarak Jauh Siswa Ngadikerso II Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Sukamto, S.Pd., M.Pd. Dosen
Pembimbing II Khusnul Fajriyah, S.Pd., M.Pd. 2020.
Latar belakang yang mendorong dalam penelitian ini adalah berbagai
macam kendala pembelajaran jarak jauh yang dialami siswa sekolah dasar dimasa
pandemic di SDN Ngasikerso kecamatan Sumowono. Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa saat
proses pembelajaran jarak jauh.
Jenis penelitian ini kualitatif metode diskriptif, subjek penelitian adalah
siswa kelas V SDN Ngadikerso II Sumowono, sumber data diperoleh melalui
wawancara, dokumen dan pengisian angket. Pengecekan data dengan cara
trigulasi tehnik dan sumber, sedangkan tehnik analisis data melalui tahap reduksi
data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam
proses pembelajaran jarak jauh, kesulitan yang dialami siswa dipengaruhi oleh
faktor internal dan faktor eksternal yeng saling berkaitan, faktor internal siswa
berkaitan dengan sikap siswa saat mengikuti pembelajaran jarak jauh sedangkan
faktor eksternal berkaitan dengan gaguan yang dialami siswa saat mengikuti
pembelajaran, fasilitas penunjang siswa, metode pembelajaran jarak jauh yang
kurang fleksibel sehinga siswa merasa bosan
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diambil dalam
pembelajaran jarak jauh pembelajaran melalui internet perlu di timbangkan
mengenai sumber daya manusia terutama orangtua siswa dan orangtua siswa,
apakah mereka siap dengan pembelajaran berbasis tehnologi ini dengan baik.
Guru harusnaya tidak memberikan pembelajaran secara olin (daring) saja tetapi
juga melakukan pembelajaran dengan mengunjungi rumah siswa sewilayah dan
mengumpulkan disalah satu rumah siswa atau meminjam fasilitas bangunan desa
dan melakukan pembelajaran scara tatap muka (luring) tanpa mengabaikan
protocol kesehatan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 03:34 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 03:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6820 |