PERTIWI, WENING DESTI DIAN (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI MRANGGEN 02. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
WENING DESTI DIAN PERTIWI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Wening Desti Dian Pertiwi. NPM 17120076. “Keefektifan Model
Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V
SD Negeri Mranggen 02”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar peserta
didik dalam kegiatan pembelajaran selama masa pandemi covid-19 rendah dan
belum mencapai KBM. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang
digunakan oleh guru yang kurang menarik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah model pembelajaran
blended learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Mranggen
02? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji Keefektifan model
pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Dalam
menggunakan model tersebut terdapat perubahan pada hasil belajar peserta didik
yang signifikan. Rumusan masalah pada permasalahan diatas adalah : “Apakah
Model Pembelajaran Blended Learning efektif terhadap hasil belajar peserta didik
kelas V SD Negeri Mranggen 02?”
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dalam penelitian
menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y),
dengan variabel bebas (X) adalah model pembelajaran Blended Learning.
Sedangkan variabel terikatnya (Y) yaitu hasil belajar peserta didik. Populasi
penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Mranggen 02 dengan
jumlah 32 peserta didik. Sampel yang diambil adalah 32 peserta didik kelas V
dengan menggunkan Pre Eksperimental Designs bentuk One Group Pretest-
Posttest Design.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. Dari hasil pretest peserta didik
diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,094 dengan persentase tuntas 47%. 2. Dari
hasil posttest peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,969 dengan
persentase tuntas 94%. 3. Kategori hasil belajar peserta didik setelah mendapat
perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning mencapai
lebih dari 85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran blended
learning tipe remote efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri
Mranggen 02.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran Blended Learning dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar
viii
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 03:26 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 03:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6816 |