AMALIA, MONICA CITRA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI DENGAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN KABONGAN KIDUL REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MONICA CITRA AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
MONICA CITRA AMALIA. NPM 17120037. “Pengaruh Model Pembelajaran
SAVI dengan Media Powtoon terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN
Kabongan Kidul Rembang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Semarang Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa kelas V SDN Kabongan Kidul Rembang. Hal tersebut disebabkan
kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan model dan media pembelajaran
yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran SAVI dengan media Powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas V
SDN Kabongan Kidul? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI dengan media Powtoon
terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kabongan Kidul dilihat pada ketuntasan
hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
Pre-Experimental Design. Bentuk pre-experimental design yang digunakan dalam
penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kabongan Kidul Rembang tahun pelajaran
2020/2021. Sampel yang diambil adalah 31 siswa kelas V dengan menggunakan
teknik sampling Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Hasil nilai rata-rata pretest dan posttest mengalami peningkatan. Pada nilai
pretest yang telah dilaksanakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,68 dan tes akhir
posttest dengan nilai rata-rata sebesar 83,71. Dengan demikian terjadi peningkatan
hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dengan media
Powtoon.
Hasil pengujian hipotesis pada hasil belajar siswa aspek kognitif
menunjukan bahwa thitung 11,394 dan ttabel 1,999 dengan taraf signifikan 5%.
Karena thitung > ttabel, yaitu 11,394 > 1,999 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi
dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum
dan sesudah perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran SAVI
dengan media Powtoon pada tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita subtema 1
Benda Tunggal dan Campuran kelas V SDN Kabongan Kidul Rembang. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI dengan media
Powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Kabongan Kidul
Rembang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran SAVI dengan media Powtoon dapat digunakan sebagai
salah satu alternatif guru dalam mengajar, untuk membantu guru dalam
memaksimalkan kegiatan pembelajaran tematik yang menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 03:14 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 03:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6806 |