PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KEDU TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

Yuliana, Wahyu Prapti (2021) PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KEDU TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Wahyu Prapti Yuliana.pdf] Text
Wahyu Prapti Yuliana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Wahyu Prapti Yuliana. NPM. 13410310. Penerapan Model Picture and
Picture dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII
SMP N 2 Kedu Temanggung Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas
Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dra.
HR. Utami, M.Hum. dan Pembimbing II Larasati, S.Pd., M.Pd. Desember 2019.
Kata kunci: penerapan, model Picture and Picture, pembelajaran menulis
teks deskripsi.
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan keterampilan menulis masih
rendah atau di bawah rata-rata pada siswa kelas VII SMP N 2 Kedu
Temanggung, khususnya menulis teks deskripsi. Melihat kondisi tersebut, perlu
diupayakan penggunaan model pembelajaran tertentu untuk menumbuhkan
motivasi siswa dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII
SMP N 2 Kedu Temanggung. Salah satunya dengan penerapan model Picture
and Picture.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan
model Picture and Picture dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada
siswa kelas VII SMP N 2 Kedu Temanggung Tahun Pelajaran 2018/2019?. Ada
pun tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan penerapan model Picture and
Picture dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP
N 2 Kedu Temanggung Tahun Pelajaran 2018/2019.
Bentuk penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik tes untuk mengetahui hasil menulis teks deskripsi
menggunakan model Picture and Picture dan teknik nontes menggunakan
angket, observasi dan dokumentasi.
Data penelitian ini adalah nilai siswa menulis teks deskripsi. Dari hasil
penelitian disimpulkan bahwa kemampuan dalam menulis teks deskripsi
memperoleh nilai dengan kategori baik. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai
rata-rata siswa di atas KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Berdasarkan hal
tersebut, maka model Picture and Picture dapat diterapkan dalam pembelajaran
menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP N 2 Kedu Temanggung
Tahun Pelajaran 2017/2018.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru sebagai fasilitator
dalam pembelajaran diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran yang
kreatif, inovatif dan menyenangkan, khususnya dalam pembelajaran menulis
teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 03:10
Last Modified: 25 Oct 2024 03:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6803

Actions (login required)

View Item
View Item