PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNINGDAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SERVIS BULUTANGKIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 1 JUWANADI MASA PANDEMI

Sahidinnur, Mohammad Arif (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNINGDAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SERVIS BULUTANGKIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 1 JUWANADI MASA PANDEMI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Mohammad Arif Sahidinnur.pdf] Text
Mohammad Arif Sahidinnur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mohammad Arif Sahidinnur. “Pengaruh model pembelajaran project based
discovery learning
berbasis daring pada pembelajaran teknik dasar servis
bulutangkis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII SMA Negeri
1 Juwana Di Masa Pandemi”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang kurang maksimal
dikarenakan saat pembelajaran hanya berpusat pada guru dimana guru hanya
memberikan penjelasan materi dan sedikit peragaan, dan juga di masa pandemi
saat ini. Sehingga siswa kurang tertarik dengan metode pengajarannya dan juga
kurangnya penjelasan secara detail mengenai teknik-tekniknya. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar model pembelajaran project based
learning dan model pembelajaran discovery learning teknik dasar servis
bulutangkis pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Juwana.
Jenis penelitian pendekatan kuantitatif, dalam bentuk metodequasi-
eksperimental design
dengan jenis
nonequivalent group design.
Populasi
penelitian adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Juwana, sedangkan sampelnya
siswa kelas XII MIPA 5 dan XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Juwana. Data dalam
penelitian diperoleh melalui studi literature dan tes praktik. Siswa kelas XII
MIPA 5 menggunakan model discovery learningdan kelas XII MIPA 6
menggunakan model project based learning. Analisis data menggunakan paired
sample t-test dan independent sample t-test dengan bantuan software SPSS.
Berdasarkan hasil analisis setelah medapatkan perlakuan menunjukan
bahwa : 1).
Kelas XII MIPA 6 yang diberikan model
project based
learningdiperoleh nilai |Thitung|=|-18,342|>Ttabel(2,0555) dan nilai Sig. (0,000) < α
(0.05) maka H0 ditolak HI diterima. 2). Kelas XII MIPA 5 yang diberikan model
discovery learning diperoleh nilai |Thitung|=|-14,285|>Ttabel (2,05553) dan nilai Sig.
(0,000) <α (0.05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. 3). Kelas XII MIPA 6 model
pembelajaran project based learningmeningkatan 15,98%. 4). Kelas XII MIPA 5
model pembelajaran discovery learning meningkatan 16,46%.
Kesimpulan hasil analisis bahwa ada pengaruh model pembelajaran
project based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar teknik dasar
servis bulutangkis kelas XII SMA Negeri 1 Juwana. Di harapkan guru dapat
mengaplikasikan model pembelajar project based learning dan discovery learning
pada pembelajaran gerak lainnya.
Kata kunci : model project based learning, model discovery learning,
bulutangkis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 03:07
Last Modified: 25 Oct 2024 03:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6800

Actions (login required)

View Item
View Item