ANALISIS HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS V DI SD NEGERI KARANGTEMPEL SEMARANG

MAHARANI, MIRA (2021) ANALISIS HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS V DI SD NEGERI KARANGTEMPEL SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of mira maharani 16120243.pdf] Text
mira maharani 16120243.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

MIRA MAHARANI. NPM 16120243. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan
Perkembangan Kognitif Siswa Kelas V di SD Negeri Karangtempel Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Veryliana Purnamasari, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing II Wawan Priyanto, S.Pd., M.Pd. Juli 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian adalah beragamnya pola asuh
orang tua yang mengakibatkan perkembangan kognitif siswa yang berbeda-beda
sehingga terdapat siswa dengan perkembangan kogntif yang meningkat dan tidak
dalam capaian hasil belajarnya di sekolah.
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimana
analisis hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif siswa kelas
V? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif siswa kelas V SD
Negeri Karangtempel Semarang dilihat pada capaian hasil belajar di sekolah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh
melalui observasi, dokumemntasi, wawancara, dan kuisioner/angket. Prosedur
pengumpulan data penelitian menggunakan teknik triangularsi. Penelitian ini
menggunakan metode analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan ada sembilan orang tua yang menerapkan
pola asuh cendeerung otoriter dan tujuh orang tua yang menerapkan pola asuh
otoritatif. Terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan
kognitif siswa. Siswa dengan penerapkan pola asuh cenderung otoriter memiliki
perkembangan kognitif yang mengalami peningkatan dan penurunan disetiap hasil
belajar. Sebaliknya siswa dengan penerapan pola asuh cenderung otoritatif
memiiki perkembangan kognitif yang mengalami peningkatan dan berkelanjutan.
Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat disampaikan adalah agar
orang tua dapat menerapkan pola asuh otoritatif kepada anak dalam mengasuh dan
mendidik dikehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:53
Last Modified: 25 Oct 2024 02:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6794

Actions (login required)

View Item
View Item