Selviani, Mini Tika (2021) PROFIL PEMECAHAN MASALAH ETNOMATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MINI TIKA SELVIANI_17310139.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
profil pemecahan masalah
etnomatematika pada materi geometri ditinjau dari kemampuan matematika siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang
diambil adalah 3 siswa kelas VIII di SMP Purnama 3 Semarang semester genap
tahun ajaran 2020/2021 yang masing – masing mempunyai kemampuan
matematika tinggi, kemampuan matematika sedang, dan kemampuan matematika
rendah. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan tes kemampuan
matematika, tes pemecahan masalah etnomatematika, dan wawancara. Teknik
analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu
membandingkan hasil tes pemecahan masalah etnomatematika dengan hasil
wawancara.
Analisis
dikemabngkan
berdasarkan
indikator
kemampuan
pemecahan masalah dengan memperhatikan kemampuan matematika siswa.
Berdasarkan hasil analisis, etnomatematika dapat meningkatkan kemampuan
matematika yang berdampak pada meningkatnya kemampuan pemecahan masalah
yang dimiliki siswa. Hal ini dibuktikan bahwa subjek dengan kemampuan
matematika tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi. Subjek
dengan kemampuan matematika sedang juga memiliki kemampuan pemecahan
masalah sedang. Subjek dengan kemampuan matematika rendah juga memiliki
kemampuan pemecahan masalah rendah.
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, etnomatematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 02:50 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 02:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6791 |