PROFIL PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT

Selviana, Mina Tika (2021) PROFIL PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MINA TIKA SELVIANA_17310140.pdf] Text
MINA TIKA SELVIANA_17310140.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pemahaman konsep matematika
bentuk aljabar ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang
diambil adalah 2 siswa kelas VII di SMP Purnama 3 Semarang semester genap
tahun ajaran 2020/2021 yang masing-masing bergaya kognitif field independent
dan bergaya kognitif field dependent. Pengumpulan data yang digunakan yaitu
dengan tes GEFT, tes pemahaman konsep matematika dan wawancara. Teknik
analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu
membandingkan hasil tes pemahaman konsep matematika dengan hasil
wawancara. Analisis dikembangkan berdasarkan indikator pemahaman konsep
matematika dengan memperhatikan gaya kognitif yang dimiliki. Berdasarkan
hasil analisis, diketahui bahwa subjek dengan gaya kognitif field independent
memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika bentuk aljabar yang lebih
baik apabila dibandingkan dengan subjek bergaya kognitif field dependent.
Kata kunci : pemahaman konsep matematika, gaya kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:45
Last Modified: 25 Oct 2024 02:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6789

Actions (login required)

View Item
View Item