Pratama, Wahyu Bagus and Anindia, Rossa Varadella (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JALUR LAMBAT PADA WILAYAH PERKOTAAN DI KABUPATEN DEMAK (Studi Kasus : Jalan Sultan Trenggono Demak – Jalan Sultan Fatah Demak). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Wahyu Bagus Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Disepanjang Jalan Sultan Trenggono Demak−Jalan Sultan Fatah Demak, banyak
dijumpai jalur lambat dan trotoar di kiri maupun kanan jalan. Jalan Sultan
Trenggono Demak−Jalan Sultan Fatah Demak merupakan salah satu akses Jalan
Nasional yang terletak di provinsi Jawa Tengah dan memiliki fungsi sebagai
jalan arteri primer. Tujuan keberadaan jalur lambat pada ruas Jalan Sultan
Trenggono Demak−Jalan Sultan Fatah adalah untuk memperlancar dan
meminimalisir tingkat fatalitas kecelakaan pada jalur cepat. Penggunaan jalan
tersebut sebagian besar banyak mengalami kerusakan pada jalan seperti pada
pengelupasan aspal dan berlubang, sehingga ini dapat mengganggu ruang gerak
para pengguna jalan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk meninjau
efektivitas keberadaan jalur lambat serta berfungsi dengan baikkah jalur lambat
di ruas Jalan Sultan Trenggono Demak.
Dari hasil analisis nilai LHR Jalan Sultan Trenggono Demak yaitu sebesar 4787
km/jam, untuk Jalan Sultan Fatah Demak yaitu sebesar 1865 km/jam. Kondisi
lalu lintas di Jalan Sultan Trenggono Demak−Jalan Sultan Fatah Demak diukur
berdasarkan nilai derajat kejenuhan (DS) menghasilkan nilai DS di jalur lambat
Sultan Trenggono Demak adalah 0,69 dan Jalan Sultan Fatah Demak adalah
0,28. Rata-rata kecepatan sepeda motor yang melintasi di jalur lambat Jalan
Sultan Trenggono yaitu 33 km/jam, sedangkan di Jalan Sultan Fatah Demak
yaitu 38 km/jam. Dari tingkat kemacetan yang didapatkan dari nilai hasil
hambatan samping bahwa Jalan Sultan Trenggono Demak−Jalan Sultan Fatah
Demak yaitu dengan nilai sangat rendah (VL). Perbandingan hasil analisis
karakteristik kecelakaan di jalur lambat dan jalur cepat dari tahun 2016−2020
angka kecelakaan terus menurun hingga tahun 2021, artinya penggunaan jalur
lambat tersebut efektif menekan angka kecelakaan.
Kata kunci: Jalur Lambat, Kondisi Lalu Lintas, Tingkat Kemacetan, Efektivitas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Informatika > Teknik Sipil |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 02:42 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 02:42 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6788 |