POLA ASUH ANAK YANG DITINGGAL MERANTAU: STUDI KASUS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SENDANG KULON KECAMATAN KANGKUNG KABUPATEN KENDAL

ADININGSIH, WAHYU (2021) POLA ASUH ANAK YANG DITINGGAL MERANTAU: STUDI KASUS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SENDANG KULON KECAMATAN KANGKUNG KABUPATEN KENDAL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of WAHYU ADININGSIH.pdf] Text
WAHYU ADININGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

WAHYU ADININGSIH. NPM 17120195. “Pola Asuh Anak Yang Ditinggal
Merantau: Studi Kasus Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sendang Kulon Kendal”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2021. Pembimbing I Eka Sari Setyaningsih, S.Pd.,
M.Pd. dan Pembimbing II Khusnul Fajriyah, S.Pd., M.Pd.
Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran orang tua akan
pentingnya memberikan pola asuh yang efektif terhadap anak, khususnya pada
anak yang ditinggal merantau dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar anak
yang ditinggal merantau.
Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan deskriptif
persentase. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sendang Kulon
yang orang tuanya merantau dan orang tua atau wali siswa yang mengasuh anak di
rumah. Data dalam penelitian yaitu semua instrumen terkait pola asuh dan hasil
belajar siswa. Sumber data diperoleh melalui angket, observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Pengecekan data dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi,
dan perpanjangan pengamatan. Sedangkan teknik analisis data melalui tahap
reduksi data, penyajian data, verifikasi/ kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga pola asuh yang
diterapkan oleh orang tua atau wali pada siswa yang ditinggal merantau
diantaranya sejumlah 71,4% pola asuh cenderung demokratis, 14,3% pola asuh
cenderung otoriter, dan 14,3% pola asuh cenderung permisif. Siswa dengan pola
asuh cenderung demokratis memiliki hasil belajar yang baik dan sangat baik.
Siswa dengan pola asuh cenderung otoriter memiliki hasil belajar yang baik. Dan
siswa dengan pola asuh cenderung permisif memiliki hasil belajar yang baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian pola asuh yang baik kepada anak
dapat lebih memudahkan dalam meningkatkan hasil belajar anak.
Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu hendaknya bagi orang tua dan
wali siswa dapat memberikan pola asuh dan bimbingan belajar yang baik kepada
anak. Bagi guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran yang lebih berpusat
kepada siswa dan lebih meningkatkan interaksi dengan orang tua siswa terkait
perkembangan perilaku dan hasil belajar siswa. Bagi siswa yang ditinggal
merantau hendaknya dapat membentuk kebiasaan belajar yang baik, serta
memiliki semangat belajar yang tinggi sehingga dapat mencapai hasil belajar yang
baik di sekolah.
Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:38
Last Modified: 25 Oct 2024 02:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6786

Actions (login required)

View Item
View Item