ANALISIS PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI MEDIA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PASSING ATAS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PATI

Puspitasari, Mila Anggraheni (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN PENJASORKES MELALUI MEDIA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PASSING ATAS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Mila Anggraheni Puspitasari.pdf] Text
Mila Anggraheni Puspitasari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Analisis Pembelajaran Penjasorkes Melalui Media Daring Terhadap Hasil Belajar
Kognitif Passing Atas Siswa Kelas XI SMAN 3 Pati”. Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang 2021.
Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu dimasa pandemi Covid-
19 guru kesulitan dalam memberikan proses pembelajaran daring. Selama
pembelajaran daring ini nilai KKM penjasorkes menjadi 75. Siswa dituntut untuk
bisa menempuh nilai KKM diatas KKM 75 untuk bisa tuntas. 36 siswa dari kelas
yang dapat di jadikan sampel mengalami kesulitan dalam memahami aspek
Kognitif Passing Atas Bola Voli Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 3 Pati pada
pembelajaran penjasorkes melalui media daring. Terbatasnya waktu dan hambatan
dijaringan internet membuat hasil belajar siswa tidak maksimal, sehingga perlu
adanya perbaikan dalam pembelajaran daring di SMAN 3 Pati. Rumusan masalah
pada penelitian ini adalah sulitnya siswa memahami aspek kognitif pada
pembelajaran pasing atas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui media daring
dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMAN 3 Pati
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif
kuantitatif dengan pendekatan One-Shot Case Study,sampel penelitian ini adalah
siswa kelas XI IPA 3 SMAN 3 Pati menggunakan sampel teknik sampling
purposive. Metode analisis data menggunakan uji paired sample-t-test dengan
taraf signifikan 5%, hasil penelitian dari 36 siswa kelas XI IPA 3 (Passing Atas)
diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar passing atas melalui
pembelajaran daring. Kenaikan hasi belajar passing atas sebesar 11%. Penelitian
ini juga menggunakan angket untuk mengetahui pendapat siswa mengenai
pembelajaran daring.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media daring dapat membantu
siswa dalam belajar passing atas melalui pembelajaran daring di SMAN 3 Pati.
Saran, kemampuan guru dalam pembelajaran daring mengantarkan pembelajaran
penjasorkes untuk bisa memberikan hasil belajar siswa lebih meningkat.
Kata Kunci: Pembelajaran daring, hasil belajar, bola voli

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:37
Last Modified: 25 Oct 2024 02:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6785

Actions (login required)

View Item
View Item