ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKEM 02 PATI

SUSENO, WAHYU ADI (2021) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PADA TEMA 2 SELALU BERHEMAT ENERGI SISWA KELAS IV SD NEGERI PAKEM 02 PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of WAHYU ADI SUSENO.pdf] Text
WAHYU ADI SUSENO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Wahyu
Adi
Suseno.
NPM
15120043.
“Analisis
Faktor
yang
Mempengaruhi Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Negeri Pakem 02 Pati”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Ernawati Saptaningrum, S.Pd.,M.Pd.
dan Ikha Listyarini, S.Pd, M.Hum. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya indikasi
bahwa siswa kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran tematik
pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi secara daring, sehingga masih terdapat nilai
siswa yang belum maksimal. Hal ini dapat diketahui dari hasil nilai ulangan harian
siswa pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi masih terdapat siswa yang nilainya
belum mencapai batas nilai KKM. KKM yang ditentukan adalah 75.
Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah faktor internal
dan faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar tematik pada Tema 2 Selalu
Berhemat Energi siswa kelas IV SD Negeri Pakem 02 Pati. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar
tematik siswa pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi kelas IV SD Negeri Pakem 02
Pati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah siswa, guru dan orang tua. Data siswa diperoleh melalui
pengisian angket siswa dan observasi aktivitas siswa pada saat proses
pembelajaran secara daring. Data guru diperoleh melalui wawancara dan
observasi pada saat guru memberikan materi pembelajaran. Data orang tua
diperoleh melalui wawancara. Data dianalisis berdasarkan aspek yang terdapat
pada faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi hasil belajar siswa.
Selanjutnya menyimpulkan hasil analisis berdasarkan aspek yang terdapat pada
faktor internal dan eksternal.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya aspek lingkungan
sekolah dan aspek lingkungan keluarga menempati urutan pertama dalam faktor
yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi
dengan presentase mencapai 100%. Kemudian di urutan kedua adalah aspek
psikologis dengan presentase 92,9%. Di urutan ketiga adalah aspek lingkungan
masyarakat dan aspek keadaan tubuh siswa dengan presentase 85,7%. Selain itu
terdapat aspek cara guru mengajar dan media yang digunakan, kendala jaringan
yang kurang stabil dan terbatasnya kuota.
Saran untuk siswa agar tetap belajar dengan penuh semangat walaupun
terdapat kendala-kendala yang menghambat proses pembelajaran. Peran penting
guru untuk mengoptimalkan media itu perlu ditingkatkan agar siswa dapat
mendapatkan hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran. Sedangkan orang
tua sebaiknya memperhatikan pendidikan anak-anaknya karena peran orang tua
sangat penting dalam proses pendidikan bagi mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:36
Last Modified: 25 Oct 2024 02:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6784

Actions (login required)

View Item
View Item