EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN TOURNAMENT-QUESTION CARDS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

QODRIYAH, VIVIT LAILATUL (2021) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL THINKING ALOUD PAIRS PROBLEM SOLVING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN TOURNAMENT-QUESTION CARDS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of VIVIT LAILATUL QODRIYAH.pdf] Text
VIVIT LAILATUL QODRIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model
pembelajaran TAPPS dan NHT berbatuan Tournament-Questin Cards terhadap
kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa
kelas VII SMP N 3 Demak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
Cluster Random Sampling. Pengambilan sampel dipilih secara acak dimana dua
kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pemberian tes, dan
dokumentasi. Instrumen berupa lembar observasi keaktifan siswa dan Post-test
kemampuan pemecahan masalah matematika. Desain yang digunakan dalam
penelitian adalah Post test Only Control Design. Berdasarkan hasil perhitungan
uji anava, uji scheffe’ dan uji regresi linier sederhana, data menunjukkan bahwa:
1) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang
menggunakan model pembelajaran TAPPS berbatuan Tournament-Question
Cards, model pembelajaran NHT berbatuan Tournament-Question Cards. 2)
kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pemebelajaran
TAPPS berbatuan Tournament-Question Cards lebih baik daripada kemampuan
pemecahan
masalah
siswa
yang
menggunakan
model
pemebelajaran
konvensional. 3) kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan
model pemebelajaran NHT berbatuan Tournament-Question Cards lebih baik
daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model
pemebelajaran konvensional. 4) tidak ada perbedaan rata-rata kemampuan
pemecahan masalah siswa yang menggunakan model pemebelajaran TAPPS
berbatuan Tournament-Question Cards dengan model pembelajaran NHT
berbatuan Tournament-Question Cards. 5) Ada pengaruh keaktifan terhadap
kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pemebelajaran
TAPPS berbatuan Tournament-Question Cards dengan model pembelajaran NHT
berbatuan Tournament-Question Cards.
Kata
Kunci:Model
pembelajaran
TAPPS;
Model
pembelajaran
NHT;
Tournament-Question Cards; Kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:25
Last Modified: 25 Oct 2024 02:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6777

Actions (login required)

View Item
View Item