MUBIN, MIFTACHUL (2021) ANALISIS HOTS PADA INSTRUMEN EVALUASI SISWA KELAS V SD N 3 KRASAK PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MIFTACHUL MUBIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
MIFTACHUL MUBIN. NPM 15120423. “Analisis HOTS pada Instrumen
Evaluasi Siswa Kelas V SD N 3 Krasak Pecangaan Jepara”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Arfilia Wijayanti,
S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Asep Ardiyanto, S.Pd., M.Or. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini karena menghadapi era
Revolusi society 5.0, peserta didik harus dibekali keterampilan berpikir tingkat
tinggi agar mampu mencari pemecahan permasalahan yang dihadapi dalam
pembelajaran secara mandiri.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi HOTS pa-
da instrument evaluasi siswa kelas V SD N 3 Krasak?. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui penerapan HOTS pada instrumen evaluasi siswa kelas V
SD N 3 Krasak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan analisis. Objek
yang dianalisis dalam penelitian ini adalah instrument evaluasi siswa penilaian
tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS) dengan muatan pelaja-
ran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBdP. Subjek penelitian ini adalah guru
kelas V serta kepala sekolah SD N 3 Krasak. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian terkait HOTS pada instrumen evaluasi menunjukkan bahwa
soal PTS dan PAS bentuk tes pilihan ganda dan jawaban singkat SD N 3 Krasak
telah memuat HOTS dengan persentase 34,74 %, dibuktikan dengan adanya
temuan hasil telaah soal HOTS dimana terdapat 63 butir soal yang termasuk
kategori C4 di semua muatan pelajaran soal PTS dan PAS. Tidak terdapat soal
PTS dan PAS yang termasuk kategori C5, terdapat 3 butir soal yang termasuk
kategori C6 pada muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, SBdP soal PTS
dan PAS.
Perubahan kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada peserta didik di-
pengaruhi oleh penilaian dan pembelajaran HOTS dimana masing-masing peserta
didik diajak untuk melakukan pengembangan dan melatih kemampuan berpikir
kritis dan kreatif mereka dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Ma-
ta pelajaran yang dianalisis dalam penelitian ini adalah Tema 1 dan Tema 2 dan
terdapat soal dengan kategori menganalisis (C4) dan mengkreasi (C6) sehingga
dapat disimpulkan tergolong kategori soal kemampuan berpikir tingkat tinggi atau
HOTS dengan persentase 34,74 % dan persentasi soal LOTS sebesar 65,26 %.
Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah sekolah perlu mempertahankan
dan meningkatkan ketrampilan HOTS pada instrument evaluasi. Untuk
menciptakan hal tersebut, kepala sekolah dan guru-guru harus bekerja sama dalam
memberikan penilaian yang berorientasi HOTS (High Order Thinking Skill) dan
melatih siswa agar dapat terbiasa dalam pemecahan masalah dengan proses ting-
kat tinggi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 02:22 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 02:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6774 |