ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGIS PADA TEKS CERAMAH KARYA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MRANGGEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

PUTRI, METRIANA (2021) ANALISIS KESALAHAN MORFOLOGIS PADA TEKS CERAMAH KARYA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MRANGGEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of METRIANA PUTRI.pdf] Text
METRIANA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pengetahuan peserta didik
mengenai kata berimbuhan atau proses morfologis kelas XI SMA Negeri 1
Mranggen, khususnya dalam menulis teks ceramah. Melihat kondisi seperti itu
perlu adanya upaya evaluasi dengan cara analisis kesalahan morfologis pada teks
ceramah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Mranggen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kesalahan
morfologis pada teks ceramah karya peserta didik kelas XI SMA Negeri 1
Mranggen tahun pelajaran 2020/2021? dan bagaimanakah penyebab terjadinya
kesalahan morfologis pada teks ceramah karya peserta didik kelas XI SMA Negeri
1 Mranggen tahun pelajaran 2020/2021? Adapun tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan kesalahan morfologis serta penyebab terjadinya kesalahan
morfologis pada teks ceramah karya peserta didik kelas XI SMA Negeri 1
Mranggen tahun pelajaran 2020/2021.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode dokumentasi dengan teknik simak dan teknik catak serta metode
wawancara. Penelitian yang digunakan menggunakan metode campuran atau
mixed methods dengan menggabungkan data kualitatif, lalu diikuti dengan data
kuantitatif sebagai data pendukung. Teknik penyajian hasil analisis pada
penelitian ini, menggunakan teknik informal yaitu menuangkan hasil analisis
dengan cara menguraikan data-data yang sudah diperoleh berupa kesalahan
morfologis pada teks ceramah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Mranggen
tahun pelajaran 2020/2021 dan penyebab terjadinya kesalahan tersebut.
Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan 39 kesalahan berbahasa jenis
morfologis yang terdiri dari kesalahan afiksasi verba transitif prefiks meng-,
prefiks ber-, sufiks –kan, dan sufiks –i, kesalahan afiksasi verba taktransitif
prefiks ber- dan prefiks ter-, hingga kesalahan kata majemuk. Ditemukan juga
faktor penyebab terjadinya kesalahan morfologis, yaitu kurang memahami
struktur dan kaidah penulisan, kesulitan dalam memilih kata yang tepat, kurang
memahami kata berimbuhan maupun kata majemuk, serta terpengaruh bahasa
pertama atau bahasa ibu.
Saran yang dapat penulis sampaikan adalah peserta didik dapat
mempelajari lagi bentuk morfologis yang sesuai dengan kaidah kebahasaan serta
pendidik perlu melakukan evaluasi dan melakukan perbaikan mengenai kesalahan
morfologis pada teks peserta didik.
Kata Kunci: analisis, kesalahan, morfologis, teks ceramah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:15
Last Modified: 25 Oct 2024 02:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6770

Actions (login required)

View Item
View Item