PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER CINTA TANAH AIR TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR

OKTAVIANI, VIANA AMELIA (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER CINTA TANAH AIR TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 MOJOGEDANG KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of VIANA AMELIA OKTAVIANI.pdf] Text
VIANA AMELIA OKTAVIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

VIANA AMELIA OKTAVIANI. 16120157. “Pengembangan Model
Pembelajaran Berbasis Aktivitas Jasmani Dalam Karakter Cinta Tanah Air Tema
Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Bagi Siswa
Kelas Iv Sd Negeri 03 Mojogedang Kabupaten Karanganyar”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah karena adanya
perubahan buku ajar dari Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) menjadi
buku ajar tematik pada Kurikulum 2013. Dimana terjadi perubahan buku ajar
yang sebelumnya dengan buku secara terpisah tiap mata pelajaran menjadi buku
tematik yang mengintegrasikan antar beberapa mata pelajaran di setiap temanya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah model pembelajaran
berbasis aktivitas jasmani dapat mengembangkan karakter cinta tanah air ? 2)
Bagaimanakah cara mengemas model pembelajaran yang layak dalam bentuk
permainan yang dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air ?
Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development).
Obyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03 Mojogedang Kabupaten
Karanganyar tahun ajaran 2020/2021. Selain itu penelitian ini juga mengambil
subjek dosen yang memahami tentang Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan (PENJASORKES) Sekolah Dasar di Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data melalui wawancara dan studi
dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis studi dokumentasi yang dilakukan
dengan guru olahraga SD Negeri 03 Mojogedang proses pembelajaran pendidikan
jasmani dan olahraga disekolah tersebut belum berjalan dengan lancar dan belum
sesuai yang diharapkan, masih terlihat sebagian dari siswa kelas IV masih sering
ngobrol dengan temannya pada saat guru menjelaskan tentang materi sehingga
membuat siswa tidak paham penjelasan dari guru, beberapa siswa juga terlihat
malu untuk menanyakan materi yang belum jelas sehingga pada saat guru
meminta untuk melakukan gerakan dalam materi olahraga mereka kebingungan.
Saran yang dapat disampaikan yaitu diharapkan guru mampu membuat
model pembelajaran aktivitas jasmani yang inovatif, variatif, dan menarik
sehingga dapat memudahkan siswa memahami materi dan dapat meningkatkan
hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:12
Last Modified: 25 Oct 2024 02:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6768

Actions (login required)

View Item
View Item