ISTIYANING, VIAN TANJUNG (2021) PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE EDUTAINMENT MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS I SD NEGERI KEMBANGARUM 03 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
VIAN TANJUNG ISTIYANING.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
VIAN TANJUNG ISTIYANING. NPM 17120102 “Penerapan Gerakan Literasi
Sekolah Menggunakan Metode Edutainment Model Picture and Picture Terhadap
Keterampilan Membaca Siswa Kelas I di SD Negeri KembangArum 03 Semarang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang, Universitas PGRI Semarang 2021.
Berdasarkan studi awal bersama salah seorang seorang guru yaitu guru kelas I di
SD Negeri KembangArum 03 Semarang mengetakan bahwasannya mengenai
kemampuan membaca dan tingkat motivasi peserta didik akan membaca masih sangat
rendah.
Penelitian ini memiliki rumusan 1) Bagaimana pelaksanaan Gerakan Literasi
Sekolah sebelum menggunakan metode Edutainment dan model Picture and Picture?,
2) Bagaimana pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah dengan metode Edutainment
model Picture and Picture?, 3) Bagaimana pendapat peserta didik setelah di
terapkannya Gerakan Literasi Sekolah menggunakan metode Edutainment model
Picture and Picture?, 4) Bagaimana hasil setelah digunakan metode Edutainment model
Picture and Picture dalam Gerakan Literasi Sekolah terhadap keterampilan membaca
peserta didik?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penerapan
Gerakan Literasi Sekolah menggunakan metode Edutainment model Picture and
Picture di SD Negeri KembangArum 03 Semarang.
Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
mengambil data sesuai dengan fakta dilapangan. Data yang diperoleh dianalisis dan
disajikan dalam bentuk deskriptif. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara,
dan dokumentasi, subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri KembangArum 03
Semarang.
Hasil penelitian menjukan bahwa Penerapan Gerakan Literasi Sekolah
menggunakan metode Edutainment model Picture and Picture terhadap keterampilan
membaca peserta didik kelas I di SD Negeri KembangArum 03 Semarang berjalan
dengan lancar dan bisa dikatakan berhasil dapat diketahui dari hasil observasi, dan
wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Keterampilan membaca peserta didik juga
meningkat yang awalnya 65,95% dari 26 peserta didik kini dengan jumlah yang sama
menjadi
84,61%.
Pendapat
peserta
didik
juga
sangat
positif
terhadap
diselenggarakannya metode tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disimpulkan yaitu akan lebih baik
sekolah bisa menggunakan metode yang menyenangkan seperti halnya kegiatan
penerapan Gerakan Literasi Sekolah menggunakan metode edutainment model picture
ix
and picture yang baik untuk menumbuhkan keterampilan membaca peserta didik dan
mendapatkan respon positif dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 02:10 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 02:10 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6766 |