PERAN GURU KELAS DALAM UPAYA MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS IV DI SDN 4 TANGGEL KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA

SETIYAWATI, VENI (2021) PERAN GURU KELAS DALAM UPAYA MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS IV DI SDN 4 TANGGEL KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of VENI SETIYAWATI.pdf] Text
VENI SETIYAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

VENI SETIYAWATI. NPM 17120149. “Peran Guru Kelas Dalam Upaya
Menanamkan Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas IV Di SDN 4 Tanggel
Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Ikha
Listyarini, S.Pd., M.Hum. 2021.
Pendidikan karakter pada siswa kelas IV SDN 4 Tanggel masih belum
maksimal, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang kurang disiplin
dalam melaksanakan pembelajaran serta masih banyaknya siswa yang melakukan
pelanggaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru
kelas dalam upaya menanamkan karakter disiplin pada siswa kelas IV di SDN 4
Tanggel Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, siswa
kelas IV, serta kepala sekolah SDN 4 Tanggel. Objek dari penelitian ini adalah
mananamkan karakter disiplin pada siswa.
Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi.
Teknik analisis data menggunakan data reduksi (data reduction), penyajian data
(data display), dan penarikan kesimpulan (verification).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru kelas sangat berperan dan
menentukan dalam pembentukan karakter disiplin pada siswa dengan menerapkan
peran sebagai guru dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa kelas IV SDN
Tanggel yang antara lain adalah guru sebagai pendidik yaitu guru sebagai
panutan, teladan, dan tokoh yang akan dicontoh oleh siswanya. Guru sebagai
pengajar yaitu guru mendesain pembelajaran sesuai dengan perangkat
pembelajaran. Guru sebagai pembimbing yaitu guru selalu mendampingi dan
memberikan arahan kepada siswa. Guru sebagai pelatih yaitu guru harus tahu
kompetensi dasar apa saja yang harus dimiliki oleh siswa sebagai landasan
pelatihan. Guru sebagai evaluator yaitu guru mengevaluasi dan memberikan nilai
yang baik dan jujur kepada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:07
Last Modified: 25 Oct 2024 02:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6764

Actions (login required)

View Item
View Item