KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD

Aisyah, Mellania Nur (2021) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Mellania Nur ‘Aisyah.pdf] Text
Mellania Nur ‘Aisyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan penalaran
matematis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis literasi matematika ditinjau
dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Berdasarkan tujuan
tersebut penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data
dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Gunungwungkal yang dipilih
dengan cara purposive sampling. Subyek yang dipilih dalam penelitian ini yaitu 4
siswa, yang terdiri dari 2 siswa yang bergaya kognitif field independent dan 2
siswa yang bergaya kognitif field dependent. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu GEFT, tes kemampuan penalaran, wawancara, serta dilengkapi
dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction,
data display, dan conclusion darwing/verification. Indikator yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu menyajikan pernyataan matematika secara lisan dan tertulis,
mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, memberikan alasan atau
bukti terhadap beberapa solusi, menarik kesimpulan, dan memeriksa kesahihan
argumen. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif
field independent memiliki keenam indikator sedangkan siswa bergaya kognitif
field dependent hanya mampu menguasai dua indikator yaitu mengajukan dugaan
dan melakukan manipulasi matematika.
Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, literasi matematika, gaya kognitif
field independent dan field dependent

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:06
Last Modified: 25 Oct 2024 02:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6763

Actions (login required)

View Item
View Item