KAMILA, NAHWA (2021) ANALISIS KESULITAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR SECARA DARING PADA SISWA KELAS V SDN 2 UNDAAN LOR KUDUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Skripsi Nahwa Kamila.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
NAHWA KAMILA. NPM 17120008. “ Analisis Kesulitan Orangtua Dalam
Mendampingi Anak Belajar Secara Daring Pada Siswa Kelas V SDN 2 Undaan
Lor Kudus ” . Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
FakultasIlmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Ervina Eka Subekti, S. Si,
M. Pd. dan Mudzanatun, M. Pd. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya orangtua
siswa di SDN 2 Undaan Lor yang mengalami kesulitan dalam mendampingi
belajar dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring pada masa
pandemi covid - 19. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apa Kesulitan –
kesulitan yang dialami oleh orangtua ? , 2) Bagaimana penanganan yang
dilakukan atas kendala – kendala yang dialami oleh orangtua? Tujuan penelitian
ini adalah untuk menganalisis kesulitan orangtua dalam mendampingi anak
belajar secara daring dan Menganalisis penanganan atas kendala – kendala pada
siswa kelas V SDN 2 Undaan Lor Kudus
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data
penelitian ini adalah orangtua, siswa, dan guru. data tersebut diperoleh dari hasil
wawancara yang dilakukan oleh 13 orangtua dan siswa dan 1 guru. data yang
dianalisis berdasarkan hasil wawancara mengenai kesulitan yang dialami oleh
orangtua dalam mendampingi anak belajar secara daring, kemudian disimpulkan
berdasarkan hasil wawancara mengenai kesulitan yang dialami oleh orangtua
dalam mendampingi anak belajar secara daring.
Pada hasil wawancara yang sudah dilaksanakan kesulitan yang dialami
orangtua disebabkan oleh beberapa factor diantaranya yaitu : 1. Kurangnya
penguasaan dan pemahaman materi yang dimiliki oleh orangtua 2. Tugas yang
diberikan oleh guru terlalu banyak 3. Sulit membagi waktu untuk kegiatan sendiri
dan pendampingan belajar 4. Anak sulit bekerjasama dalam kegiatan belajar.
Berdasarkan hasil penelitan tersebut, maka saran yang dapat diajukan
dalam penelitian ini adalah orangtua diharapkan mampu memberikan
pendampingan belajar yang lebih baiklagi, guru dapat menciptakan kegiatan
pembelajaran yang menyenangkan dan siswa mampu bekerjasama dengan baik
sehingga kegiatan pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik dan efektif.
Kata Kunci: Kesulitan, Orangtua, Pendampingan Belajar, Pembelajaran Daring
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 02:05 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 02:05 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6762 |