Fotkiani, Vena (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA KELAS XI MELALUI PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 1 BELIK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
VENA FOTKIANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Vena fotkiani “Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
dalam meningkatkan partisipasi siswa kelas XI melalui pembelajaran daring di
SMA Negeri 1 Belik” Program Studi Pendidikan Pancasla dan Kewarganegaraan
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas
PGRI Semarang,2021.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi fisik, mental dan
emosional pada siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran PPKn khusunya
kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn dalam
meningkatkan partisipasi siswa kelas XI melalui pembelajaran daring di SMA
Negeri 1 Belik.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Setting penelitian ini di SMA Negeri 1 Belik dengan focus Peran Guru
PPKn dalam meningkatkan Partisipasi Siswa kelas XI melalui Pembelajaran
Daring. Sumber data ini adalah wawancara Guru PPKn kelas XI dan siswa kelas
XI dilengkapi dengan dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan
Trianggulasi teknik,dengan membandingkan data dari wawancara,observasiserta
dokumen-dokumen yang didapatkan di lapangan,maka diadakan reduksi data,
setelah reduksi data kemudian diadakan sajian data. Apabila ketiga tahapan sudah
selesai, dilaksanakan, kemudian kemudian data tersebut disajikan berupa laporan
yang dapat ditaik kesimpulan dan dapat dikoreksi atau direduksi kemudian
disajikan kembali.
Kesimpulan dari penelitian diketahui bahwa kegiatan guru PPKn untuk
meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran daring, partisipasi secara
fisik: memotivasi siswa untuk belajar,menanyakan materi sebelumnya, memutar
video pembelajaran , menampilkan PPT, melibatkan siswa membaca PPT secara
mental: memunculkan pembelajaran diskusi, presentasi kelompok dan secara
emosional: memberikan tugas lanjutan .Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu
guru PPkn harus lebih menjaga komunikasi dengan siswa serta melakukan inovasi
pembelajaran supaya dapat menarik partisipasi siswa dalam belajar.
Kata Kunci: Peran Guru, Partisipasi siswa ,Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 02:04 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 02:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/6761 |